Ikut berkontribusi melalui Komunitas Awardee LPDP UI 7.0

Beasiswa LPDP #20 - Kelurahan LPDP UI merupakan perpanjangan tangan dan wadah bagi komunitas awardee LPDP UI untuk berkontribusi ke masyarakat. Melalui kelurahan ini, berbagai kegiatan dijalankan baik kolaborasi riset, pengabdian masyarakat, dan pendidikan.

Banyak kegiatan yang diselenggarakan kelurahan seperti kegiatan seminar kepenulisan ilmiah untuk soshum, saintek dan kedoketeran terbuka untuk awardee dan komunitas. Terdapat pula kegiatan internal seperti rapat kepengurusan, pembentukan anggota dan pengembangan. 

Kelurahan ini juga aktif melakukan pengabdian melalui bimbingan belajar di paseban mengajar. Banyak pengurus dan awardee yang terlibat dalam pengbadian ini. Terdapat pula kegiatan rutin lainnya seperti tanggap bencana, lepas sambut awardee, dan kegiatan atraktif lainnya yang dicanangkan dan dijalankan oleh pengurus. Salah satu produk yang dihasilkan yaitu buku antologi beasiswa yang diterbitkan oleh tim penerbitan LPDP UI.

Sebagai awardee LPDP UI, saya memilih untuk mengikuti komunitas (kelurahan) ini. Selain menambah wawasan, jaringan dan memperat tali silaturahmi antar awardee.

lpdp ui

Saya diamanahi menjadi anggota Bidang Media dan Informasi (Medfo) untuk periode kepengurusan Kepengurusan Ikatan Penerima Beasiswa LPDP UI periode 7.0 (Kelurahan LPDP UI). Sejak saat itu saya aktif terlibat pengurusan. Saya mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai pengelola dan pengembang web Kelurahan. Pengembangan lpdpui.com yang saya lakukan dimulai dari paling awal, seperti proses perancangan web, membeli domain dan hosting, dan mulai mengisi konten. Web menggunakan CMS Wordpress, dengan template premium gratis dari themeforest yang waktu itu sedang promo. Selain itu beberapa plugin digunakan untuk menunjang kebutuhan web. 

Beranda web lpdpui.com

Kolaborasi dilakukan diantara pengurus dan anggota medfo untuk masukan web, mulai dari pengembangan, dan keberlanjutan. Melalui situs web lpdpui.com, tim mengarsipkan hasil kegiatan yang dijalankan kelurahan. Termasuk membuat histori kepengurusan dari periode ke periode, kegiatan saat ini dan rencana ke depan. 

Terkadang saya juga ikut membantu dan mendukung kebutuhan desain seperti desain feed instagram, poster dan flayer untuk kebutuhan kelurahan. Selain menjalankan tugas sebagai pengurus, saya juga diamahi menjadi Ketua RT LPDP FIB UI periode kepengurusan Kelurahan 7.0. 

RT FIB LPDP UI 7.0

Berbeda dengan tanggung jawab sebagai anggota medfo, sebagai RT saya mengadvokasi kebutuhan awardee di tingkat fakultas untuk langsung disampaikan ke Lurah. Kebutuhan awardee ini beragam, misalnya terkait dengan pertanyaan seputar perkuliahan, mengurus pencairan beasiswa yang terhambat, dll. Melalui grup whatapps LPDP FIB tingkat fakultas (LPDP FIB UI), sharing, dan diskusi antar awardee dilakukan, termasuk informasi kegiatan kelurahan dan kegiatan perkuliahan lainnya. Adanya RT dan Lurah ini membantu tersampainya keluhan, pertanyaan dan kebutuhan awardee ke LPDP secara efisien. 

Beberapa dokumentasi kegiatan yang kami lakukan selama menjadi pengurus dapat dilihat melaui web lpdpui.comInformasi lebih lanjut mengenai Ikatan Penerima Beasiswa LPDP UI bisa dilihat di instagram : @lpdp.ui.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Ikut berkontribusi melalui Komunitas Awardee LPDP UI 7.0"