Memanfaatkan ResearchGate untuk kepentingan riset

ResearchGate dikenal sebagai media sosialnya para peneliti. ResearchGate memiliki dinding profil, dapat berbagi status, menambah teman (follow), fitur chat, dan dimanfaatkan secara gratis. Melalui ResearchGate, para peneliti dapat membagikan karya-karya yang dimiliki, berupa artikel, buku, draft paper (pre-print), presentasi dan poster konferensi, data tabel, gambar, dan ilustrasi, metode, proposal, koding, dan projek lainnya dengan beragam format.

Peneliti juga dapat mencari profil peneliti lainnya dan mencari artikel riset melalui ResearchGate. Apabila pengguna menemukan abstrak dan tidak tersedia fullteks, pengguna dapat meminta (request paper) kepada peneliti terebut (Erwin, 2016). 

ResearchGate memberikan fasilitas analytic (statistik), seberapa banyak karya yang telah kita upload dibaca dan metrik terkait penggunaan karya. 

Beberapa fitur ResearchGate yang tak kalah penting, sebagai berikut: 

  • Tersedia kolom diskusi tanya jawab, pengguna dapat berinteraksi dengan peneliti lainnya melalui Q&A. 
  • Tersedia menu JOB, digunakan untuk melakukan pencarian pekerjaan atau melakukan perekrutan dengan membuka lowongan job (Perkadosi, 2019). 
cara pakai ResearchGate

Akses dan penelusuran melalui ResearchGate

Mendaftar dan login ResearchGate

  • Pengguna dapat mengakses ResearchGatemelalui tautan researchgate.net
  • Klik login apabila telah memiliki akun [1] atau join for free untuk mendaftar [2]
  • Mendaftar ResearchGate [3], pengguna dapat melengkapi data yang diperlukan termasuk peran nya sebagai student atau perusahaan, dst. 
  • Masuk ResearchGate, pengguna hanya perlu memasukan akun yang telah daftar atau melaui Gmail [4], klik login

mendaftar ResearchGate

Melakukan penelusuran jurnal di ResearchGate

  • Kelakukan penelusuran riset, jurnal dan publikasi ilmiah peneliti di ResearchGate, pengguna dapat memasukan kata kunci melalui kotak penelusuran [1] yang telah tersedia
  • Pengguna akan diarahkan ke tampilan pencarian ResearchGate, secara spesifik apakah mencari publikasi, proyek, teman peneliti, pekerjaan, pertanyaan dan jawaban [6]
  • Menelusur publikasi ResearchGate, berarti pengguna memilih tab menu publication, klik paper untuk melihat lebih detail dan klik download untuk akses full teks
  • Apabila tidak tersedia full teks, pengguna dapat meminta (Request paper ke peneliti)
  • Di bawah ini merupakan beranda ResearchGate, pengguna dapat menambah pertanyaan [2], mencari publikasi [1],  pekerjaan [4], membagikan publikasi [3], dst

penelusuran jurnal melalui ResearchGate

Alternatif ResearchGate

Sebagai situs media sosial peneliti, Researchgate tidak sendiri. Terdapat situs alternatif Researchgate seperti Academia edu, Zenodo, dan Figshare yang menawarkan keunggulan sendiri.

Zenodo menawarkan pembuatan DOI otomatis untuk setiap dokumen yang di upload. Academia, Zenodo, Figshare dapat mengupload presentasi, video, gambar dan lainnya.

Referensi

http://dasaptaerwin.net/wp/2016/01/bagaimana-cara-mencari-makalah-berbayar-secara-gratis-dan-legal.html

http://perkadosi.web.id/2019/04/28/mengenal-lebih-dekat-researchgate/

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.

Post a Comment for "Memanfaatkan ResearchGate untuk kepentingan riset"