Videoscribe Sparkol - Platform animasi powerpoint online

Bahan ajar cetak dan penyampaian materi dengan papan tulis, boardmarker, dan kertas kurang menarik perhatian siswa. Mereka tertarik pada media digital yang lebih dinamis dan menarik. Bahan ajar digital adalah salah satu solusi yang dapat memberikan kenyamanan siswa dan guru. Guru dapat membuat, mengirimkan, dan mendistribusikan pengetahuannya secara cepat kepada siswa.

Salah satu program aplikasi yang mampu membantu menyajikan bahan ajar digital dengan unik adalah VIDEO SCRIBE. Video scribe adalah penyajian presentasi video dengan konsep papan tulis (whiteboard presentation) yang secara visual tampak sebuah tangan yang seolah-olah sedang menggambar / menulis. Konsep video scribing / gambaran tangan tersebut biasa digunakan sebagai video materi kuliah online, video promosi, CV, presentasi, dan semacamnya.

VideoScribe Sparkol

Sparkol VideoScribe dikembangkan untuk membantu menyajikan presentasi dalam bentuk animasi whiteboard presentation, yang dapat dibuat oleh orang awam sekalipun. Mari kita mulai mengenal produk ini.

Videoscribe adalah software yang digunakan dalam animasi berlatar putih atau disebut whiteboard animation dengan sangat mudah. Software ini dikembangkan pada tahun 2012 oleh sparkol (salah satu perusahaan yang ada di Inggris). 

Whiteboard animation adalah media komunikasi yang dibuat oleh si pengirim kepada penerima tanda melalui simbol-simbol seperti kata-kata, kalimat dosertai gambar dan audiovisual akan membantu penerima tanda dengan mudah memahami apa yang hendak dipesankan oleh pengirim. 

Adanya Videoscribe Sparkol, kita bisa menyajikan materi yang panjang dan rumit menjadi singkat. Kita bisa menyajikan penjelasan disertai gambar pendukung. 

animasi tangan dengan Videoscribe Sparkol

Kegunaan

  • Dapat digunakan untuk keperluan bisnis online. Ide marketing bisa diaplikasikan lewat videoscribe.
  • Dapat digunakan untuk pendidik, guru maupun dosen sebagai pengantar pembelajaran.
  • Dapat digunakan untuk presentasi tugas perkuliahan mahasiswa, maupun keperluan lainnya.
  • Menunjukkan kemampuan berfikir, ide-ide  dan mengkombinasikannya melewati video animasi.
  • Serta banyak eksperimen-eksperimen yang bisa digunakan dengan software ini.

Videoscribe Sparkol hanya bisa dijalankan jika terhubung dengan internet. Aplikasi ini harus diinstall pada computer atau laptop. Untuk bisa menggunakannya, harus terlebih dahulu setiap memulai aplikasi ini. Jika belum terdaftar, maka harus mendaftarkan email terlebih dahulu.

Sebenarnya bisa digunakan offline apalagi sudah login terlebih dahulu. Tetapi beberapa fitur tidak bisa digunakan. Untuk menyimpan hasil yang telah kita kerjakan harus online atau terkoneksi dengan jaringan internet.

Akses langsung Videoscribe Sparkol klik disini.

Sumber: 

Mediapustaka. (2022). "Kegunaan Videoscribe Sparkol untuk presentasi online" dalam https://www.mediapustaka.id/2022/06/kegunaan-videoscribe-sparkol-untuk-presentasi-online.html diakses pada 29 Juli 2022 pukul 13.44 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Videoscribe Sparkol - Platform animasi powerpoint online"