Lowongan Dosen Perpustakaan dan Arsip (Update September 2024)

Daftar informasi mengenai lowongan kerja Dosen rumpun/bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi serta Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi. Lowongan dapat berupa dosen tetap non pns, dosen pns, dan tuton. 

Informasi loker dosen perpustakaan dan arsip dihimpun dari grup whatsapp, medsos organisasi keilmuan dan profesi. Selanjutnya dilakukan pengecekan pada sumber asli dan dicantumkan pula sebagai pendukung daftar loker ini. Data diperbarui terakhir bulan Maret 2024. 

Berikut daftar lowongan kerja dosen ilmu perpustakaan dan informasi: peminatan ilmu perpustakaan, peminatan ilmu kearsipan.

Lowongan Dosen Perpustakaan dan Arsip

Dosen Tetap Non PNS Universitas Negeri Malang

Dosen S1 llmu Perpustakaan, Persyaratan S2/S3 llmu Perpustakaan Perpustakaan, jumlah formasi 1 orang

Pendaftaran 26 Maret - 18 April 2024

Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo

S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Syarat Pelamar Dosen

  • Warga Negara Indonesia dan Beragama Islam
  • Siap aktif dalam organisasi Muhammadiyah
  • Taat beribadah sesuai paham Muhammadiyah dan mendukung gerakan Muhammadiyah
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Pendidikan S2/S3 yang berasal dari Perguruan Tinggi dan Program Studi terakreditasi minimal B/baik sekali
  • Bidang ilmu S2/S3 linear dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan
  • IPK minimal 3,25
  • Usia maksimal 45 tahun
  • Sehat jasmani dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi resmi
  • Tidak berkedudukan sebagai pegawai/pegawai tetap/pegawai kontrak di instansi lain (dibuktikan dengan surat pernyataan)
  • Mengajukan lamaran secara tertulis kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan melampirkan (CV, FC KTP, FC Ijazah dan Transkrip S1,S2/S3 (legalisir), FC KTA Muhammadiyah, Pasfoto berwarna 4x6 = 2 lembar)

Berkas Lamaran

  • Surat lamaran ditujukan kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir (masing-masing 1 lembar)
  • Fotocopy tanda identitas diri (E-KTP) dan kartu keluarga
  • Fotocopy kartu anggota Muhammadiyah atau bersedia mengurus kartu anggota Muhammadiyah
  • Pasfoto berwarna terbaru 4x6 sebanyak 2 (dua) lembar
  • Dokumen pendukung (piagam atau sertifikat yang relevan)

Pengiriman Berkas

Berkas dikirimkan ke Kantor Bagian Sumber Daya Manusia (BSDM) Universitas Muhammadiyah Ponorogo Jl. Budi Utomo No. 10 Ponorogo

Sampai tanggal 11 Maret 2024

Melalui email : bsdm@umpo.ac.id 

CP Whatsapp : Kurnia 0818-8283-1262

CPNS Dosen di Lingkungan Kemdikbud

Rekrutmen Formasi CPNS Dosen S1 Ilmu Perpustakaan UI, Undip, UB, UNJ, USU, dst. 

CPNS Dosen di Lingkungan Kemenag

Dosen S1 Ilmu Perpustakaan UIN Imam Bonjol, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, IAN Langsa, IAN Langsa

Universitas Andalas

Dosen S1 Kearsipan

Alokasi Kebutuhan (5 Orang)

Penempatan S-1 Kearsipan Fakultas Ilmu Budaya

  • Pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Agustus 2023 sampai dengan tanggal 9 September 2023; b. 
  • Pendaftaran dilakukan secara online dengan cara mengisi form pendaftaran dan mengupload berkas lamaran melalui laman https://rekrutmen.unand.ac.id.

Universitas Terbuka

Tuton Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan

Penempatan:

  • S1 Ilmu Perpustakaan: Karya Ilmiah; Pengelolaan Perpustakaan Sekolah; Bahasa Inggris Untuk Pustakawan; Metode Penelitian Perpustakaan;
  • D-IV Kearsipan: Pemeliharaan dan Pengamanan Arsip; Pengurusan Surat, Tata Persuratan dan Formulir; Karya Ilmiah

Melakukan pendaftaran sebagai Calon Tutor tuton mulai tanggal 07 Agustus s.d 11 Agustus 2023, http://tutorial.ut.ac.id/mains/form_tuton

Hamka Padang University

Dosen Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Digital

Selengkapnya: https://lnkd.in/gnKB98RV

Universitas Airlangga

Rekrutmen Dosen Tetap UNAIR penempatan S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan FORMASI 1, syarat khusus S2 Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

Pendaftaran: http://rekrutmen.sdm.unair.ac.id/

Syarat khusus

6. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S2/S3 minimal 3,50 (tiga koma lima nol) pada skala 4,00 (empat koma nol). 

7. Memiliki nilai TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 6

13. Usia bagi pelamar dengan kualifikasi S2 maksimal 35 tahun 0 bulan 0 hari dan S3 maksimal 45 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 September 2023.

Selengkapnya : https://drive.google.com/file/d/1v1uqSGJ4JHIRA6xvUv2M2SRN_r2OhWTF/view?usp=sharing

Universitas Padjadjaran

Dosen Program studi D4 kearsipan digital (4 orang)

Kualifikasi

  • Lulusan S2/S3 Kearsipan/ilmu perpustakaan
  • TOEFL 550, TPA 500

UIN Tulungagung

Dosen Ilmu Perpustakaan dengan syarat lulusan S2 Ilmu Perpustakaan (Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah)

Pelamar wajib melakukan pendaftaran secara online melalui https://rekrutmen.uinsatu.ac.id/. dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan mulai tanggal 17 s.d. 19 Januari 2023.

Selengkapnya: http://www.uinsatu.ac.id/kepeg/1838-pengumuman-penerimaan-dosen-luar-biasa-uin-sayyid-ali-rahmatullah-tulungagung-tahun-2023

Universitas Brawijaya

Dosen Lektor S3 Ilmu Perpustakaan/ Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Kualifikasi

  • S1 Ilmu Perpustakaan/ Ilmu perpustakaan dan Informasi
  • S2 Ilmu Perpustakaan/ Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Asisten Dosen S2 Ilmu Perpustakaan/ Ilmu Perpustakaan dan Informasi

  • S1 Ilmu Perpustakaan/ Ilmu perpustakaan dan Informasi
  • Sedang Menempuh S3 (on going) Ilmu Perpustakaan/ S3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi.
Preferensi Bidang Keahlian/ Area Riset

  • Information and Library Science, Digital Literacy, Big Data Analysis, Research Tool Analysis (SPSS, NVIVO, Perish/Publish)
Pelamar melakukan pendaftaran secara online pada https://kepegawaian.ub.ac.id, mulai tanggal 2 – 6 Januari 2023 pukul 15.00 WIB

Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Lowongan dosen D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi, Sekolah Vokasi- Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya. 

Kualifikasi : 

  • S2/S3Kearsipan/Sejarah/ Teknologi dan Informasi/Kajian Budaya dan Media/ Manajemen Informasi dan Perpustakaan/ Administrasi Perkantoran/ Administrasi Publik/ Kebijakan Publik/ Teknik Keamanan Jaringan

Pendaftaran: 

Tahapan Seleksi 
  1. Seleksi Administrasi; 
  2. Asesmen Psikologi; dan 
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Narahubung:  wa.me/6287732934666 (Whatsapp chat only)

Selengkapnya: http://sdm.ugm.ac.id/rekrutmen/seleksi-penerimaan-dosen-tetap-universitas-gadjah-mada-tahun-2022/

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Dosen D3 Perpustakaan, Vokasi UNS

Persyaratan: 

  • Warga Negara Republik Indonesia (WNI) yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Memiliki kompetensi yang diperlukan di bidang pendidikan dan memiliki kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan.
  • Memiliki IPK minimal 3.00 untuk setiap jenjang.
  • Berusia maksimal 40 Tahun untuk Dosen bergelar Doktor, 35 Tahun untuk Dosen bergelar Magister, dan 35 Tahun untuk Tendik pada tanggal 1 Agustus 2022;
  • Berkelakuan baik;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Tidak sedang terikat kontrak kerja dengan instansi/lembaga lain;
  • Bersedia mengabdi selama minimal 5 (lima) tahun di UNS terhitung sejak TMT SK Pengangkatan Pertama dan jika mengundurkan dir, sebelum 5 (lima) tahun akan dikenai sanksi mengembalikan sebesar 10 kali gaji sesuai peraturan yang berlaku di UNS
  • Membuat dan menandatangani surat pernyataan bermaterai Rp 10.000,00. Form surat pernyataan dapat diunduh saat mendaftar di laman https://rekrutmen.uns.ac.id/ ;
  • Apabila diterima bersedia mematuhi segala peraturan dan ketentuan yang berlaku di UNS
  • Semua lamaran harus melalui https://rekrutmen.uns.ac.id kami tidak menerima lamaran dalam bentuk hardfile/fisik
  • Persyaratan tersebut di atas wajib dipenuhi oleh pelamar. Pelamar yang tidak dapat memenuhi dinyatakan tidak lolos Seleksi Administrasi.

Pendaftaran: 21-24 Agustus 2022

Universitas Diponegoro

Dosen, D062, Program Studi SI Ilmu Perpustakaan

  • Minimal Magister dengan ketentuan:
  • SI Ilmu Perpustakaan/Umu Informasi dan Pcrpustakaan/Perpustakaan Sains (IPK minimal 3,25)
  • S2 Ilmu Perpustakaan (IPK minimal 3,5)
  • Diutamakan S3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi/Studi Perpustakaan/Kaj ian Budaya dan Media (IPK minimal 3,5)
  • Lulusan dari program studi terakreditasi A dan akreditasi Institusi A
  • Kompetensi lain: TOEFL minimal 500 (ITP) atau IELTS minimal 5.5

PERSYARATAN UMUM

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Dokter yang masih berlaku (6 bulan terakhir);
  • Surat berkelakuan baik atau tidak ada catatan kriminal atau tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap (dengan menyerahkan SKCK) yang masih berlaku;
  • Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik dan afiliasinya;
  • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain;
  • Batas usia pelamar pada tanggal 1 Juli 2022 maksimal 37 tahun bagi pelamar dengan ijazah S2 dan maksimal 45 tahun bagi pelamar dengan ijazah S3;
  • Bagi lulusan S2/S3 luar negeri melampirkan Surat Keterangan Pcnyetaraan Ijazah dari Kementerian yang membidangi urusan pendidikan tinggi.

Pelamar wajib melakukan pendaftaran secara Online terlebih dahulu melalui laman http://rekrutmen.undip.ac.id/ dengan memasukkan email aktif, NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan password. Pendaftaran online dilaksanakan pada tanggal 30 Juni-31 Juli 2022.

TAHAPAN SELEKSI

Tahap I
  • Seleksi administrasi dilaksanakan pada tanggal 30 Juni - 3 Agustus 2022
  • Pengumuman seleksi Administrasi (Tahap 1) dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2022
Tahap II
  • Ujian tertulis dilaksanakan pada tanggal 18-19 Agustus 2022 yang meliputi:
  • Tes Tertulis Kompetensi Dasar dan Bidang pada tanggal 18 Agustus 2022
  • Psikotes pada tanggal 19 Agustus 2022.
  • Mekanisme pelaksanaan ujian akan disampaikan lebih lanjut pada laman www.kepegawaian.undip.ac.id.
  • Pengumuman seleksi tahap II dilaksanakan pada tanggal 2 September 2022.
Tahap III
  • Tes Wawancara dan Tes Micro Teaching dilaksanakan pada tanggal 7-9 September 2022. Mekanisme pelaksanaan ujian akan disampaikan lebih lanjut pada laman www.kepegawaian.undip.ac.id.
  • Pelamar hanya dapat melaksanakan tes Tahap III pada lokasi dan waktu yang telah ditentukan.
PENGUMUMAN HASIL

ISTEK MULIA

Lowongan dosen ilmu perpustakaan

Syarat Umum
  • Pendidikan min S2 Linier Belum memiliki NIDN IPK minimal 3.40 Usia maksimal 40 tahun
  • Skor TOEFL minimal 500 atau IELTS dengan skor 6
  • Berpenampilan menarik, Islami, komunikatif, disiplin, dan pekerja keras
  • Ramah, professional, komitmen tinggim dan visioner
Dokumen
  • Surat Lamaran,
  • Curriculum Vitae
  • Pas Foto 4x6 4lbr,
  • Fotokopi ijazah SI dan S2 yang dilegalisir, 
  • Fotokopi Transkrip nilai S2 yang dilegalisir
  • Fotokopi sertifikat TOEFL/IELTS
  • Fotokopi KTP
  • Dokumen lain yang mendukung
Kirim Lamaran (Hard File) ke Akbid Mulia Madani d/a Jl. Wates Km 9.5, Plawonan, Argomulyo, Sedayu, Bantul.

*Paling lambat sampai tanggal 8 Agustus 2022

Universitas Pendidikan Indonesia

Lowongan Dosen S1 Ilmu Perpustakaan, berikut formasinya

DT05 S2/S3 Perpustakaan dan Sains Informasi konsentrasi Teknik Informatika (1 Orang)

DT06 S2/S3 Perpustakaan dan Sains Informasi konsentrasi Ilmu Perpustakaan (3 Orang)

Pendaftaran daring (online) melalui tautan: https://biodata.upi.edu/rekrutmen/index.php

Timeline pendaftaran 2-8 November 2022

Selengkapnya: https://biodata.upi.edu/uploads/pengumuman.pdf

Catatan

Postingan loker dosen perpustakaan dan arsip terakhir diperbarui pada tanggal 19 Maret 2024 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Lowongan Dosen Perpustakaan dan Arsip (Update September 2024)"