Alumni Bidikmisi Berprestasi UB diterima Calon Dosen Tetap Non-ASN UNDIP!

UNDIP – Pengumuman akhir Penerimaan Dosen Pegawai Tetap Universitas Diponegoro Non Aparatur Sipil Negara (PTU Non-ASN) tahun 2022 sudah dirilis. Ialah Gani Nur Pramudyo, S.IP.,M.Hum., Alumni Bidikmisi Berprestasi program studi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB).  Gani telah menjadi bagian dari keluarga besar UNDIP sebagai Calon Dosen S1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro (FIB UNDIP). 

Gani (kanan) bersama 3 rekan lain yang diterima di FIB UNDIP
Gani (kanan) bersama 3 rekan lain yang diterima di FIB UNDIP

Alumni bidikmisi berprestasi

Sebelum menjadi calon dosen, Gani menempuh studi S1 ilmu perpustakaan FIA UB (2014) dengan beasiswa bidikmisi. Selama kuliah, ia aktif mengikuti beberapa kegiatan yang mendukung perkuliahan seperti mengikuti volunteer di ruang baca FIA UB (Fadel Muhammad Resource Center/FMRC), kolaborasi riset, dan pengabdian masyarakat bersama Tim Prodi. 

Gani bersama Muhammad Rosyihan Hendrawan, S.IP., M.Hum., Dr. Lely Indah Mindarti,M.Si,  dan Tim FRMC FIA UB mengembangkan beberapa program literasi informasi seperti Pendidikan pengguna, Bedah buku, Bincang santai, User of the month, dan Layanan referensi. Kemampuan Gani dalam mengemas ulang informasi (desain grafis dan web) sedikit banyak bermanfaat dan membantu institusi yang ia kembangkan. 

Beberapa hasil riset kolaborasi dan individu berhasil terbit pada beberapa jurnal nasional terakreditasi Sinta 2 dan 3. Selain itu, salah satu konferensi nasional kepustakawanan sukses mereka ikuti. Adapun tema riset yang dikaji terkait penerapan repositori institusi, metadata, dan inovasi program di taman baca masyarakat. 

Selain melakukan pendidikan dan riset, tak lupa Gani ikut aktif terlibat dalam program pengabdian masyarakat seperti pendampingan perpustakaan sekolah, perpustakaan pesantren dan taman baca masyarakat di sekitar Malang. Adapun bentuk pendampingan seperti otomasi perpustakaan dan pengelolaan koleksi. 

Beberapa prestasi yang Gani raih selama menjadi mahasiswa, antara lain: 1) Finalis lomba Liblicious 2017 (Peringkat 6) yang bertema management development in museum yang diselenggarakan oleh Universitas Padjajaran; dan 2) Peringkat 3 lomba desain poster Rumilus 2018 yang diselenggarakan Universitas Negeri Malang.

Berbekal pengetahuan dan kemampuan ini, Gani memiliki keinginan untuk melanjutkan studi magister ilmu perpustakaan minat arsip dengan beasiswa. 

Alumni Beasiswa LPDP Afirmasi

Setelah lulus program sarjana tahun 2018, Gani melanjutkan asa mendaftar beasiswa lpdp afirmasi dalam negeri untuk melanjutkan studi S2 Ilmu Perpustakaan Minat Arsip di Universitas Indonesia (UI). Setelah diterima, Ia mengikuti berbagai mekanisme termasuk mengikuti pelatihan bahasa (Toefl ITP) selama 6 bulan di Pusat Bahasa Universitas Sebelas Maret (UNS), Persiapaan Keberangkatan (PK) LPDP, dan mendaftar Ujian Masuk Simak UI. Barulah di tahun 2019, Gani memulai studi S2 selama 2 tahun lebih. 

Selama studi pascasarjana, Gani aktif di beragam kegiatan untuk menunjang perkuliahanya. Ia aktif melakukan beberapa kolaborasi riset termasuk beberapa publikasi yang berhasil terbit sinta 2 dan Scopus Q2. Berapa riset bertema metadata arsip, tinjauan sistematis, framing, dan life history.

Pandemi Covid-19 tidak menyebabkan Gani untuk berhenti produktif, mengahasilkan karya. Meskipun beberapa tantangan dan kendala selalu ada. Beberapa konferensi nasional dan internasional yang dilakukan online (daring) ia ikuti. Contohnya International Conference on Documentation and Information (ICDI), International Conference on Library, Archives, and Information Sciences (ICOLAIS) dan International Conference on Asia-Pacific Digital Libraries (ICADL). 

Gani aktif dalam komunitas beasiswa LPDP UI 7.0, menyumbangkan pemikiran dan karya website yang berisikan informasi kegiatan pengabdian komunitas. Tak hanya komunitas, Ia saat ini aktif sebagai sekretaris Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi (ISIPII). ISIPII merupakan wadah bagi lulusan ilmu perpustakaan untuk berbagi dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmu perpustakaan dan informasi. 

Gani kerap kali diundang sebagai narasumber terkait tema beasiswa dan keilmuan yang ia kuasai. Beberapa seminar yang pernah ia paparkan seperti Bluebox Sharing - Beasiswa Bagaimana Cara Mendapatkannya? diselenggarakan oleh Doors 2 Heart 2021, Asistensi sekolah “Perpustakaan online” diselenggarakan oleh SKS UI 2021, Selasa Pustaka #13 "101 LIS Scholarships Information" diselenggarakan oleh ISIPII 2021. 

Beberapa prestasi yang Gani raih selama studi Magister seperti peringkat 4 desain infografis UPI Bookpedia 2020, Peringkat 3 Abstrak terbaik  di ICOLAIS 2020,  dan Juara 2 lomba karya tulis kearsipan UGM 2022. 

Selesai studi S2, Gani memiliki keinginan untuk menjadi seorang dosen. Karena Dosen merupakan sebuah profesi bernilai tinggi. Peran dosen bukan hanya mentransfer pengetahuan tetapi juga nilai-nilai luhur, agar mahasiswa unggul secara akademik maupun mengakar pribadi yang berintegritas. Dosen mampu melahirkan manusia-manusia berkualitas. 

Calon Dosen Tetap Non-ASN UNDIP

Berawal dari keinginan dan cita-cita menjadi dosen, Gani ingin mengajar dan memberikan apa yang telah ia peroleh kepada individu dan masyarakat yang mau belajar dan mempraktikannya kembali kepada masyarakat, baik di institusi perguruan tinggi maupun acara pelatihan, forum diskusi, seminar dan workshop. Ia juga ingin menjadi konsultan untuk membantu mengembangkan lembaga dokumenter maupun TBM, sehingga lembaga tersebut dapat mewujudkan perannya sebagai sebuah infrastruktur pengetahuan yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan bagi bangsa ini.

Kini Gani telah aktif sebagai Calon Dosen Tetap Non PNS di Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP. Sesuai dengan visi yang ingin dicapai yaitu "Menjadi Universitas Riset yang Unggul". Sejalan dengan visi ini, Ia ingin berkontribusi untuk mewujudkan cita-cita ini dengan aktif menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta menjalankan misi sesuai apa yang UNDIP cantumkan.

Beberapa amanah yang diberikan kepada Gani termasuk berkontribusi aktif mengembangkan prodi, fakultas dan universitas siap dilaksanakan. Beberapa tugas yang dimandatkan seperti pengajaran riset, pengabdian, kegiatan administratif dan penunjang dilakukan dengan sebaik mungkin. 

Untuk saat ini, Gani aktif sebagai reviewer Lentera Pustaka, desain website dan merancang konten untuk dipublikasikan di media sosial prodi. Beberapa agenda kegiatan seperti pelatihan jurnal, perencanaan riset, pengajaran dan pengmas untuk prodi akan disiapkan sebaik mungkin. 

Semoga UNDIP semakin maju!

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Alumni Bidikmisi Berprestasi UB diterima Calon Dosen Tetap Non-ASN UNDIP!"