Pengalaman psikotes rekrutmen dosen (Arctic Shores)

Apakah kamu saat ini sedang mencari referensi mengenai soal psikotes formasi Dosen? Jika Ya, maka artikel ini membahas aplikasi psikotes yang digunakan Universitas Diponegoro (Undip) dalam rekrutmen dosen tetap non-asn. 

Psikotes rekrutmen Dosen Tetap Non ASN Undip menggunakan aplikasi Arctic Shores yang dapat dijalankan melalui web.

Arctic Shores  mengembangkan penilaian game berbasis perilaku yang digunakan dalam proses seleksi kandidat rekrutmen. Penilaian game dari Arctic Shores digunakan oleh banyak organisasi besar di seluruh dunia untuk memilih dan merekrut kandidat (Graduatesfirst, 2022).

Ketika kamu melakukan tes ini, biasanya kamu akan disuruh untuk membawa headset (meskipun game tidak ada suaranya). Kamu bisa pakai komputer yang disediakan ditempat ujian dan koneksi internet yang tersedia atau menggunakan gadget smartphone yang kamu punya. Saran saya pastikan kamu membeli kuota data untuk persiapan tathering karena membutuhkan resource data yang cukup besar untuk menjalankan game ini. 

Pengalaman psikotes rekrutmen dosen (Arctic Shores)

Pengalaman psikotes dengan aplikasi Arctic Shores untuk rekrutmen dosen

Beberapa game Arctic Shores yang saya mainkan ketika tahap psikotes dosen Undip, sebagai berikut.

Arrow game 

Game bertujuan untuk mengidentifikasi arah yang HANYA menghadap panah tengah menggunakan tombol panah di perangkat Anda. Panah lain ada di layar yang berpotensi mengalihkan perhatian Anda. Ada 80 anak panah untuk diidentifikasi. Adapun kecakapan yang diukur di permainan ini yaitu perhatian, penyelesaian masalah dan fokus (Graduatesfirst, 2022).

Arrow game Arctic Shores

Tickets Game

Game tiket ini meminta kamu untuk mengatur 80 tiket ke dalam kategori yang benar. Untuk satu bagian, Anda harus mengidentifikasi apakah tiket memiliki nomor genap. Untuk yang lain, Anda harus mengidentifikasi apakah tiket memiliki tepi yang membulat. Kualitas yang diukur yaitu Perhatian kognitif, Kecepatan pemrosesan kognitif, dan Fungsi eksekutif (Graduatesfirst, 2022).

Tickets Game Arctic Shores

The Energy (Power Generator) Game

Kamu akan disajikan dengan generator listrik. Tugas kamu adalah menghasilkan kekuatan dengan mengklik tombol. Permainan akan berakhir setelah jumlah klik tertentu. Tangkapannya  – setiap generator dapat meningkatkan dan menguras jumlah daya yang dipulihkan, jadi dengan setiap klik, ada kemungkinan kamu kehilangan daya alih-alih menghasilkannya. Sifat yang diukur yaitu Kemampuan belajar, impulsif, Toleransi resiko, dan Pengenalan Pola (Graduatesfirst, 2022).

Emotions Game

Tugas kamu adalah mengevaluasi emosi mana yang diekspresikan untuk setiap wajah yang ditampilkan. Game ini akan menilai dan mengenali emosional kamu (Graduatesfirst, 2022). 

Emotions Game Arctic Shores

Balloon Game

Game Balon atau Game BART (Balloon Analogue Risk Task) mengukur selera risiko. Game balon dirancang untuk mengukur sebagian dari kepribadian kamu (pengambilan risiko). Permainan ini akan menggunakan kinerja kamu untuk menentukan apakah kamu lebih suka mengambil risiko untuk memprediksi bagaimana kamu akan bertindak dalam peran di masa depan (Graduatesfirst, 2022).

Team Sales Game 

Kamu akan disajikan dengan skenario di mana tim kamu dan tim lain telah meluncurkan produk yang sama. Tugas kamu adalah menetapkan harga tinggi atau rendah untuk produk tim Anda. Permainan memiliki 12 putaran. Hasil tangkapan  – hasil keputusan kamu bergantung pada harga tim lain. Sifat yang diukur  – pengambilan keputusan, kemampuan mengambil risiko, kemampuan belajar, keadilan, dan kerja tim (Jobtestprep, 2022).

The Team Sales Game Arctic Shores

Security Door Game

Kamu akan disajikan dengan kunci kode. Tugas kamu adalah membentuk kode sandi kunci dengan menghentikan area berputar pada nomor yang disorot. Permainan memiliki setidaknya 15 putaran. Kecepatan rotasi berubah di setiap putaran, dan setiap kesalahan akan mengatur ulang kunci. Sifat yang diukur  – waktu reaksi dan fokus (Jobtestprep, 2022).

The Security Door Game Arctic Shores

Dari beberapa soal di atas, menurut saya soal terakhir atau security door paling membutuhkan kesabaran Hal ini dikarenakan kamu haru membuka setiap kunci di 4 level, jika kamu sudah mencapai level 4 dan sekali melakukan putaran tidak tepat maka akan kembali ke level 4. 

Waktu tes saya hanya berhasil membuka 3 level, level 4 sekali putaran langsung gagal dan saya putuskan untuk berhenti menyelesaikan game. Setelah game ini kamu akan diminta mengisi feedback berupa kuisioner singkat. 

Referensi

Graduatesfirst. (2022). Arctic Shores Game Assessments 2022 / 2023. Practice Games. Full Guide dalam https://www.graduatesfirst.com/arctic-shores diakses pada 06 November 2022 pukul 16.30 WIB

Jobtestprep (2022). "Arctic Shores Assessment Test – Guide and Practice [2022]" dalam https://www.jobtestprep.com/arctic-shores-assessment diakses pada 06 November 2022 pukul 16.00 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Pengalaman psikotes rekrutmen dosen (Arctic Shores)"