Pertanyaan wawancara rekrutmen dosen

Boleh dibilang tahapan wawancara rekrutmen dosen merupakan tahap akhir yang menentukan. Biasanya wawancara menggunakan bahasa inggris. Oleh karena itu kamu harus persiapkan, paling tidak les speaking sebelum hari h wawancara. 

Tahap wawancara biasanya digabung dengan microteaching. Sehingga kamu akan dipersilakan presentasi (simulasi) mengajar di kelas dan menganggap interviewer ini sebagai mahasiswa di kelas. Kamu akan diminta mempersiakan maksimal 8 slide, dengan waktu sekitar 5-10 menit presentasi. 

Saat wawancara  rekrutmen dosen Universitas Dipnegoro (Undip) ada 3 interviewer dalam wawancara. Interviewer 1 berasal dari sastra inggris, Interviewer 2 pimpinan fakultas (dekan atau wakil dekan), Interviewer 3 Psikolog. 

Pertanyaan wawancara rekrutmen dosen

Interviewer 1 (Bahasa Inggris)

Peran interviewer 1 adalah menguji pelamar dan mengajukan beberapa pertanyaan dengan bahasa inggris. Pertanyaan terkait materi microteaching yang disampaikan. Pertanyaan dasar seperti asal studi S1 dan S2 pun ditanyakan. Terkait riset skripsi dan tesis, serta kontribusinya bagi masyarakat. 

Interviewer saya ternyata adalah sekretaris prodi S1 Ilmu Perpustakaan. Saya baru menyadari ketika saya diterima dan berkunjung di prodi. 

Interviewer 2 Pimpinan fakultas (Dekan atau Wakil dekan)

Peran interviewer 2 menguji kamu, komitmen, dan kontribusi yang kamu lakukan untuk universitas. Secara mendalam menanyakan terkait metode pengajaran modern atau terkini yang bisa kamu tawarkan. Kamu dituntut untuk dapat mengungkapkan keahlian yang kamu punya, dan pengalaman mengajar. 

Ketika wawancara ini, interviewer akan menguji kamu apakah mampu bekerja di dalam tekanan. Jika kamu terlihat sanggup, maka interviewer akan meloloskan kamu. 

Interviewer saya ini adalah Dekan Fakultas Ilmu Budaya. Ketika bertemu saat pengarahan beliau masih ingat saya. 

Interviewer 3 Psikolog

Peran interviewer 3 mengamati pelamar apakah jujur dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan interviewer 1 & 2. Ia juga bertanya terkait pertanyaan sederhana seperti asal daerah, lanjut studi S3 kemana, serta visi dan misi universitas. 

Interviewernya sangat santai, bahkan sempat menanyakan ketika diterima disini kamu berarti akan pindah dari kediri ke semarang ya!

Kisi-kisi wawancara rekrutmen dosen

Kisi-kisi wawancara dan microteaching Undip dengan 3 interviewer

Wawancara dengan interviewer

  • Publikasi jurnal (SINTA +SCOPUS)
  • Rencana S3
  • Pengalaman kerja
  • Judul tesis
  • Cara agar keilmuan kita tetap eksis

Wawancara dengan psikolog

  • Cerita kan ttg diri anda
  • Mengapa melamar pekerjaaan di universitas ini
  • Apa yg membuat anda menjadi tertarik dg universitas ini
  • Alasan menjadi dosen

Microteaching

  • Presentasi materi kuliah +- 10hlm

Demikianlah sedikit catatan dari saya mengenai beberapa pertanyaan dan tips singkat wawancara rekrutmen dosen. Semoga bermanfaat dan membantu kalian semua.. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Pertanyaan wawancara rekrutmen dosen "