Tips lolos SKD dan SKB formasi Dosen Ilmu Perpustakaan

Apakah kamu sedang mempersiapkan diri belajar menghadapi seleksi tahap II rekrutmen dosen atau dikenal juga tes kompetensi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)? Jika ya maka artikel ini memberikan sedikit gambaran mengenai tips yang dapat kamu persiapkan sebelum tes berlangsung. 

Ada beberapa bentuk materi dan soal yang mesti kamu pelajari. Kali ini saya akan bagi menjadi dua pokok bahasan yaitu mengenai materi SKD dan SKB. Perlu diingat bentuk soal ini biasanya bilingual atau 2 bahasa, yaitu bahasa dan inggris. 

Tips lolos SKD dan SKB formasi Dosen Ilmu Perpustakaan

Menghadapi SKD 

Contoh soal-soal SKD formasi dosen tetap serupa dengan soal-soal SKD CPNS yang terdiri dari TWK, TIU, dan TKP. Adapun perbedaanya yaitu ada contoh soal bahasa dan inggris. Adapun tingkat kesulitan SKD sesuai dengan institusi penyelenggara karena mereka yang membuatnya. 

Jika SKD CPNS berisi 110 yang terinci dari 3 sub pokok, maka ketika mengikuti SKD formasi Dosen bisa berbeda. Contohnya jumlah soal lebih sedikit, dan waktu pengerjaan yang cukup singkat. 

Soal SKD sama untuk semua jurusan, tidak hanya ilmu perpustakaan namun juga jurusan lain. Beberapa rekomendasi buku yang dapat kamu pelajari untuk menghadapi SKD sebagai berikut. 

  1. Modul CPNS oleh Dwi dan Jhanuar
  2. Modul CPNS oleh Raditya Panji Umbara
  3. Modul CPNS oleh Widyastuti dkk

Menghadapi SKB

Adapun materi SKB Ilmu Perpustakaan untuk formasi dosen contohnya temu kembali informasi; metode penelitian, kepustakawanan. 

Materi yg keluar nantinya adalah materi yg biasanya kamu dpatkan selama perkuliahan. Perlu diingat bahwa soalnya bahasa dan Inggris.

Nah itulah tadi sedikit pembahasan mengenai tips lolos SKD dan SKB, semoga bermanfaat!. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Tips lolos SKD dan SKB formasi Dosen Ilmu Perpustakaan"