Resensi : Bagaimana Memahami orang lain, dengan memahami diri anda sendiri

Anda bisa melihat ke cermin di pagi hari dan melihat wajah yang biasa-biasa saja, rambut lurus, dan tubuh yang gemuk. Itulah diri anda yang sesungguhnya. Ketika anda bisa membubuhkan makeup, memakai gaun yang indah, untuk menyamarkkan terlalu banyak bagian tubuh yang menggembung. Anda telah mengambil diri anda yang sesungguhnya dan memberinya pakaian, tetapi anda belum secara permanen mengubah yang ada dibawahnya. 

Buku non fiksi dengan genre psikologi, motivasi akan membawa anda mengenal lebih jauh diri anda dan orang lain. Dalam mengenal diri anda secara mendalam anda akan menemukan kepribadian yang sesuai dengan kebiasaan atau pola pikir anda, yang mana kepribadian tersebut merupakan gambaran besar dalam diri anda yang sesungguhnya. Anda akan mengenali diri anda secara mendalam, barulah kemudian anda akan sadar mengapa ada perbedaan antara anda dan orang disekitar anda. 

Perbedaan lahir karena secara alami manusia memiliki 4 (empat) kepribadian yang membedakan, dari perspektif penulis, mengelompokkannya yaitu sanguinis, melankolis, korelis dan phlegmatis. Keempat kepribadian tersebut akan membuat anda bisa memahami diri anda dan memahami orang lain.

“Watak anda adalah diri anda yang sesungguhnya; kepribadian anda adalah pakaian yang anda kenakan”.

Di awal buku ini Littauer memberikan semacam kuisioner atau pertanyaan yang mengarahkan anda, kepribadian yang anda miliki apakah termasuk sanguinis, melankolis, korelis dan phlegmatis. 

  1. Pertama, Sanguinis populer (ciri khas : ektrovert, membicara, optimis) adalah orang yang lebih suka berbicara, tidak bisa diam, selalu mencari pusat perhatian, penuh semangat,rasa inginn tahu yang tiggi, dan selalu kekanak-kanakan. 
  2. Kedua Melankolis Sempurna (ciri khas:introvert, pemikir, pesimis) adalah orang yang mendalam dan penuh pemikiran, serius, tekun, jenius, filosofis, puitis, perasa dan idealis. 
  3. Ketiga, Korelis kuat(ciri khas:kuat, pelaku, optimis) adalah orang yang berbakat memimpin, berkemauan kuat, tidak mudah patah semangat, mandiri, memberikan kepemimpinan, berorientasi target. 
  4. Keempat, Phlegmatis dama i(ciri khas : ekstrovert, pengamat, pesimis) adalah orang yang rendah hati, mudah bergaul, santai, diam, tenang, bahagia menerima kehidupan serba guna, mempunyai kemampuan administratif, menyenangkan dan punya banyak teman.

Dalam penjelasannya mengenai empat kepribadian tersebut, Littauer memberikan contoh kasus dalam kehidupan nyata. Seperti yang diketahui Littauer merupakan orang sanguinis populer sedangkan suaminya fred merupakan orang melankolis sempurna, mereka menyadari bahwa watak yang mereka miliki membuat mengapa perbedaan itu muncul, kemudia bagaimana cara kita untuk mengatasinya. 

Beberapa contoh – contoh di kehidupan mengenai keempat watak tersebut dijelaskan dalam bahasan yang mudah dicerna sehingga ketika anda membacanya anda tidak akan merasa kebingunan. Semakin anda mengenal diri anda, maka anda akan dengan mudah juga bisa mengenali orang lain.

Littauer mencoba untuk memberikan, penjelasan mengenai perbedaan yang ada antara masing-masing individu dengan perspektif yang dia kemukakan, bagaimana individu dapat bekerjasama dengan baik sehingga terjadinya kesepahaman yang luar biasa. Individu pada dasar saling melengkapi, empat watak tersebut saling terkait satu samalain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagaimana Memahami orang lain, dengan memahami diri anda sendiri
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

3 komentar untuk "Resensi : Bagaimana Memahami orang lain, dengan memahami diri anda sendiri"

  1. Keren resensinya, kamu yang mana gan? Dari 4 kepribadian, kayaknya aku ada 2 yang yang menonjol. Yang korelis sama phlegmatis. Personality plus, penulisnya florence littauer, di Kediri ya? hmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya, aku lebih melankolis, tpi berdasarkan kuisoner nilai 13 melankolis, 11 plegmatis, dan 11 korelis, dan 4 untuk sanguinis ,hehe :D

      Hapus
  2. kayaknya, aku lebih melankolis, tpi berdasarkan kuisoner nilai 13 melankolis, 11 plegmatis, dan 11 korelis, dan 4 untuk sanguinis ,hehe :D

    BalasHapus

Untuk pembaca blog Ganipramudyo.web.id, Feel free to ask!