Jurusan S2 Ilmu Perpustakaan di Perguruan Tinggi Indonesia

Menjadi mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi (Library and Information Science) bukan perkara gampang dan sulit, melainkan menjadi sebuah identitas dan tantangan tersendiri bagi calon mahasiswa yang akan menempuh studi ini. 

Identitas berarti kita akan belajar bagaimana studi ini diharapkan mampu melahirkan Konsultan Informasi/ Pengetahuan, Analisis Informasi/ Pengetahuan, Information spesialist, Spesialis Pustakawan (sekolah, publik, akademik, Khusus); Spesialis Arsiparis (pemerintah, organisasi,bisnis), Spesialis Rekod (sektor publik dan privat). 

Tantangan, berarti kita akan mengadapi sebuah dilema ketika pertama masuk studi ini, anggapan besar "penjaga perpus/buku" masih melekat pada sebutan masyarakat. Kesadaran dan kesengajaan masih meremehkan studi ini nantinya akan sering dilontarkan, namun berbesar hatilah ketika anda benar-benar masuk studi ini, identitas anda akan terlihat ketika memasuki dunia kerja, peran anda akan sangat dihargai dan dibutuhkan, seperti yang disampaikan di atas.

Bagi anda yang menginginkan untuk memperdalam studi ini, anda dapat memilih beberapa program studi magister yang dapat ditawarkan Universitas berikut berdasarkan hasil pengumpulan data yang dilakukan penulis sebagai berikut :

Jurusan S2 Ilmu Perpustakaan di Perguruan Tinggi Indonesia

Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Indonesia

Studi magister ilmu perpustakaan dan informasi di UI berada pada naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Studi ini memiliki ciri khas tersendiri, selain itu terdapat peminatan tersendiri antara peminatan perpustakaan dan peminatan arsip. 

Beberapa mata kuliah yang ditempuh seperti Masyarakat Informasi, Program Automasi Lembaga Informasi, Manajemen dan Preservasi Pengetahuan, Filsafat Ilmu Pengetahuan, Layanan Sumber Daya Informasi, Metode Penelitian Informasi, Teori Kebudayaan, organisasi informasi, manajemen arsip*, seminar tesis, manajemen sumber daya informasi, manajemen dan budaya perpustakaan, audit dan kebijakan informasi dan tesis. Minat kearsipan pada dilaksanakan semester 3 seperti Manajemen dan Preservasi Arsip Elektronik*, Manajemen Retensi Arsip*, Pengorganisasian dan Pengawasan Dokumen.

Pendaftaran Mahasiwa Baru : http://penerimaan.ui.ac.id/. 

Awal perkuliahan : dimulai bulan September. 

Gelar lulusan Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Indonesia yaitu M.Hum (Magister Humaniora).

Magister Kajian Media dan Budaya Universitas Gadjah Mada

Minat Manajemen Informasi dan Perpustakaan berada dibawah Program Studi Kajian Budaya dan Media sebagai induknya.  

Adapun beberapa matakuliah yang diajarkan sebagai berikut : Pengantar Cultural Studies, Teori-teori Media, Metodologi Ilmu-Ilmu Sosial, Teori-teori Kritis, Semiotika Media, Informetrika, Isu-isu Kontemporer Informasi, Information Behaviour  2, Scholarly Communication, Human Information Interaction, Pemberdayaan Masyarakat Informasi, Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, Manajemen Jejaring Komunikasi Informasi, Pengembangan dan Pemeliharaan Database, Hubungan Masyarakat dan Promosi Perpustakaan, Perpustakaan Digital, Manajemen dan Desain Perpustakaan, Manajemen Rekaman dan Arsip, Seminar Proposal,dan Thesis

Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) UGM : http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?d=depan. 

Awal perkuliahan : dimulai pada bulan Agustus/September

Gelar lulusan Magister Kajian Media dan Budaya UGM yaitu M.A (Master of Arts)

Magister Interdisciplinary Islamic Studies (IIS) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI) berada pada Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies UIN SUKA. 

Adapun beberapa mata kuliah yang diterima yaitu : 

MATA KULIAH LINTAS DISIPLIN: 

Studi al-Quran dan Hadis: Teori dan Metodologi, Pendekatan dalam Pengkajian Islam, Filsafat Ilmu, Agama dan Teori-teori Sosial. 

MATA KULIAH KONSENTRASI: 

Manajemen Arsip dan Dokumen, Desain Sistem Informasi Perpustakaan, Keterampilan Sosial dalam Layanan Informasi, Kajian Struktur dan Temu Kembali Informasi, Manajemen Organisasi dan Koleksi Perpustakaan, Perpustakaan dan Informasi dalam Masyarakat Global, Praktikum, Metodologi Penelitian.

MATA KULIAH PILIHAN:

Kajian Internet dan Masyarakat Virtual, Perpustakaan Digital dan Portal Informasi, Perpustakaan dan Masyarakat, Kepemimpinan dalam Profesi Informasi, Topik Khusus Agama dan Masyarakat.

KOMPONEN TUGAS AKHIR :

Seminar Proposal Tesis, Artikel Jurnal, Tesis.

Pendaftaran Mahasiswa Baru : https://admisi.uin-suka.ac.id/ . 

Awal perkuliahan : -. 

Lulusan Prodi Magister Interdisciplinary Islamic Studies UIN SUKA yaitu M.A

Penutup

Berdasarkan beberapa program magister tersebut, hanya beberapa program yang direkomendasikan oleh Pengelola Beasiswa LPDP 2018 yaitu S2 Ilmu Perpustakaan UI, S2 Ilmu komunikasi peminatan ilmu perpustakaan (belum direview dalam blog ini), S2 Kajian Media dan Budaya. 

Perlu diketahui juga untuk memastikan masing-masing program studi masih membuka PMB bisa langsung dicek pada official site masing-masing universitas .

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

8 komentar untuk "Jurusan S2 Ilmu Perpustakaan di Perguruan Tinggi Indonesia"

  1. Selamat sore....nama lengkap NURHAYATI nama panggil Nuri asal Timor-Leste. Saya pribadi ingin lanjut kuliah S2 perpustakaan dan arsip, kira-kira ada jalur beasiswa ya....?
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. permisi, kira-kira untuk perguruan tinggi swasta adakah s2 perpustakaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini belum ada, sepengamatanku sih. Kenapa engga coba kuliah S2 di PTN (Perguruan Tinggi Negeri), atau kalau masih pingin swasta bisa sih ambil yang engga linier jurusannya.

      Coba lihat artikelku yang baru, disitu ada beberapa perguruan tinggi dalam negeri jurusan ilmu perpustakaan dan informasi terbaru

      https://www.ganipramudyo.web.id/2021/08/direktori-jurusan-ilmu-perpustakaan-dan.html

      Hapus
  3. Universitas Padjajaran ga ada ya untuk S2 Perpustakaan nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada masuk s2 ilmu komunikasi minat perpustakaan. Silakan konfirmasi ke pmb unpad nya ya

      Hapus
  4. Minta sarannya, sy lulusan s1 pend. Bhs inggris, ingin lanjut s2, selain jur. S2 bhs inggris, lebih baik sya ambil s2 apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon izin menjawab. Saran saya pilih sesuai kebutuhan ka.

      Kalau mau jadi dosen, biasanya rekrutmen dosen harus linear antara S1 dan S2, upayakan memilih prodi akreditasi A. Jika s1 pend. Bhs inggris, maka S2 pend. Bhs inggris demikian.

      Namun, jika ingin bekerja selain dosen, jurusan apapun tidak masalah, sesuai kebutuhan saja.

      Hapus

Untuk pembaca blog Ganipramudyo.web.id, Feel free to ask!