Pengayaan bahasa di UPT P2B Universitas Sebelas Maret

Beasiswa LPDP #5: Saya bagikan pengalaman saya tentang program pengayaan bahasa yang diberikan LPDP khususnya untuk Awardee LPDP jalur afirmasi.

Pengayaan bahasa yang diberikan oleh LPDP bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris para awardee afirmasi, sehingga dapat membantu saat perkuliahan dimulai.

Pengayaan bahasa juga digunakan sebagai penunjang bagi awardee untuk mendapatkan LoA perguruan tinggi tujuan. Seleksi perguruan tinggi untuk jalur magister biasanya mewajibkan persyaratan Toefl dengan skor 500.

Durasi Pengayaan Bahasa

Tiap Awardee LPDP jalur afirmasi diberikan program pengayaan bahasa selama 3-6 bulan sesuai skor TOEFL ITP yang diperoleh saat mendaftar Beasiswa LPDP.

Program 3 bulan diberikan untuk Awardee afirmasi yang memiliki skor toefl dibawah 500. Sedangkan program 6 bulan diberikan kepada Awardee afirmasi yang memiliki skor toefl dibawah 450.

Lokasi Pengayaan bahasa

Pada tahun 2019, terdapat setidaknya 7 perguruan tinggi yang menjadi mitra Beasiswa LPDP untuk program Pengayaan bahasa. 

Beberapa pusat bahasa perguruan tinggi untuk pengayaan bahasa Beasiswa LPDP yaitu:

  1. Universitas Indonesia
  2. UIN Syarif Hidayatullah, 
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB) 
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM), 
  5. UIN Sunan Kalijaga, 
  6. Universitas Negeri Sebelas Maret, 
  7. Universitas Negeri Malang. 

Pemilihan lokasi Pengayaan Bahasa

Pemilihan lokasi Pengayaan bahasa untuk peserta dilakukan oleh LPDP. 

Pemilihan lokasi pengayaan bahasa berdasarkan tujuan studi yang terdekat, namun ada beberapa peserta yang lokasi pengayaan bahasa nya jauh dari tujuan studi, sehingga tidak bisa ditentukan.

Sebelum pengayaan bahasa, awardee akan mengisi form yang salah satunya berisi tujuan pengayaan bahasa yang diharapkan oleh peserta.

Fasilitas yang diberikan LPDP selama Pengayaan Bahasa

Adapun fasilitas yang diberikan LPDP kepada awardee selama pengayaan bahasa yaitu biaya keberangkatan dan kepulangan dan living Allowance atau biaya hidup. 

Biaya hidup diberikan sesuai pedoman pencairan beasiswa, sesuai daerah pengayaan bahasa. 

Khusus bagi program pengayaan bahasa selama 6 bulan terdapat program Outbond diluar program pengayaan bahasa. 

Pengayaan bahasa di UPT bahasa UNS

Pengalaman saya mengikuti Pengayaan Bahasa

Saya saat ini sedang menjalani Pengayaan bahasa di P2B UNS selama 6 bulan. Adapun pesertanya memang kebanyakan tujuan studinya di UGM, UNY, UNS dan Unnes. 

Selama Pengayaan bahasa, saya sangat menikmati, karena sistem pengajarannya cukup efektif, mulai dari general english 1,2, English Academic Purposes, Toefl dan Toeic.

Adapun fasilitas yang diberikan P2B yaitu Tas UPT Bahasa UNS, Tempat bolpoin, Bolpoin, Kalender duduku dan modul pembelajaran lengkap

Banyak hal yang didapat penulis selama pengayaan bahasa termasuk teman baru, wawasan baru dan tentunya bisa Explore tempat baru pula. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

5 komentar untuk "Pengayaan bahasa di UPT P2B Universitas Sebelas Maret "

  1. Kak program PB bisa di undur ndk ya? Misalnya kita tdak bisa ikut PB skrang. apa bisa ikut pb dg yg lpdp 2020 tahap 1 nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung hub. CS CRM atau melalui bantuan http://crmlpdp.kemenkeu.go.id. Coba jelaskan kenapa tidak bisa mengikuti pb yg sekarang. Setauku malah bisa ga ikut PB, kalau sudah diterima di univ tujuan. Gitu ya ka kira-kira

      Hapus
  2. Kak mau tanya Misal saya sudah Punya LO apa boleh Ikut PB? Kuliah sambil PB? atau semisal saya melakukan Defer LOA apa ada kemungkinan saya tetap bisa PB?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya, PB dilaksanakan untuk membantu awardee memperoleh LoA dan meningkatkan skill bahasa untuk membantu perkuliahan. PB dilaksanakan sebelum perkuliahan. Kalau mau ikut PB, sepengetahuan sya berarti harus ikut sampai selesai karena lpdp membayar keseluruhan paket biaya PB ke pusat bahasa.

      Biasanya ada batas waktu cari loa kampus dari lpdp. Jika masih dimungkinkan tunda kuliah, silakan ikuti pb dahulu ya!

      Hapus
    2. Kuliah sambil PB sepertinya tidak dimungkinkan. Waktu saya pb di UNS jadwalnya hari senin-sabtu, pagi hingga sore. Sehingga tidak memungkinkan jika memiliki jadwal serupa sambil kuliah. Begitu pun lokasinya yg ditentukan oleh lpdp, bisa juga dapat pb di UI,dst.

      Hapus

Untuk pembaca blog Ganipramudyo.web.id, Feel free to ask!