Daftar Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Terakreditasi Nasional

Saat ini telah tersebar banyak jurnal nasional di Indonesia baik yang sudah terakreditasi dan belum. Namun apa saja kriteria jurnal tersebut terakreditasi secara nasional? 

Lantas penerbit jurnal mana saja yang telah mendapatkan akreditasi jurnal khususnya dibidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Artikel ini akan membahasnya secara sederhana, bagaimana melihat akreditasi jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi serta contoh jurnal yang telah terakreditasi secara nasional. 

Menilai kualitas jurnal dapat dilihat dari berbagai aspek salah satunya akreditasi. Di Indonesia sendiri terdapat indek jurnal (Sinta) dan Akreditasi Jurnal (Arjuna) sebagai salah situs yang dapat menilai kualitas jurnal berdasarkan sistem Sinta dan Arjuna. 

Berikut beberapa jurnal nasional bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi yang sudah terakreditasi B atau Sinta 2 : 

1. Jurnal BACA 

Gambar 1. Akreditasi Jurnal BACA memperoleh Sinta 2 (Sinta, 2019)

BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI (Jurnal BACA) adalah jurnal ilmiah reguler oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - Institut Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII-LIPI) yang berfokus pada ilmu perpustakaan dan informasi. 

Artikel jurnal adalah hasil studi dan penelitian yang berasal dari studi literatur, penelitian lapangan, dan praktik kepustakawanan. 

Jurnal BACA diterbitkan online dua kali setahun (setengah tahunan) pada pertengahan tahun (Juni) dan pada akhir tahun (Desember) (Baca, 2019). 

Tautan Jurnal Baca : disini

2. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi 

Gambar 2. Akreditasi BIP memperoleh Sinta 2 (Sinta, 2019)

Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi adalah Jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Perpustakaan Universitas Gadjah Mada di tingkat nasional yang mencakup banyak masalah utama dalam ilmu perpustakaan dan informasi. 

Tujuan publikasi Jurnal adalah untuk menyebarluaskan pemikiran dan gagasan konseptual atau hasil penelitian yang telah dicapai di bidang perpustakaan dan informasi. 

Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi menerbitkan dua kali dalam setahun yaitu Juni dan Desember (BIP UGM, 2019)

Tautan Jurnal : disini

3. Jurnal Khizanah Al-Hikmah

Gambar 2. Akreditasi Khizanah al-hikmah memperoleh Sinta 2 (Sinta, 2019)

Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan (Khizanah al-Hikmah: Jurnal Perpustakaan, Informasi, dan Ilmu Arsip) adalah jurnal ilmiah yang telah menerbitkan makalah ilmiah sejak 2013. 

Jurnal ini disediakan untuk pustakawan, informasi ilmuwan, spesialis, manajer, peneliti, dan arsiparis yang membutuhkan atau tertarik untuk mengikuti perkembangan isu dan perkembangan terkini di bidang ini. 

Jurnal diterbitkan dan didanai oleh Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar serta terbit pada bulan Juni dan Desember (Khizanah al-Hikmah, 2019). 

Tautan Jurnal : disini

4. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan

Gambar 4. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan

Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan merupakan peer-riview jurnal yang diambil dari laporan penelitian ilmu perpustakaan dan informasi. Jurnal ini dirterbitkan oleh Program studi Ilmu Perpustakaan Fikom Universitas Padjajaran. Jurnal ini bekerjasama dengan ISIPII. 

Adapun bidang jurnal ini yaitu manajemen perpustakaan, perpustakaan digital dan repositori, organisasi informasi, layanan informasi, manajemen pengetahuan, literasi informasi dan media, preservasi informasi dan media, infometric, kebijakan informasi, sistem dokumetasi, manajemen arsip, TIK di lembaga informasi

Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan terbit dua tahun sekali Juni dan Desember (Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 2019)

Tautan Jurnal : disini

Mengecek Peringkat Sinta Jurnal

Nah, untuk mengecek apakah penerbit jurnal yang akan anda submit sudah teraketasi oleh Sinta dan Arjuna, caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya: 

Kunjungi situs Sinta disini

Ketik nama penerbit jurnal di laman pencarian, Cek Skor sinta, Mulai Sinta 1 - Sinta 6

Berikut rentang skor Sinta : 

  1. Sinta 1 Terakreditasi Peringkat 1 (Satu), dengan nilai akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
  2. Sinta 2 Terakreditasi Peringkat 2 (Dua), dengan nilai akreditasi 70 ≤ n < 85
  3. Sinta 3 Terakreditasi Peringkat 3 (Tiga), dengan nilai akreditasi 60 ≤ n < 70
  4. Sinta 4 Terakreditasi Peringkat 4 (Empat), dengan nilai akreditasi 50 ≤ n < 60
  5. Sinta 5 Terakreditasi Peringkat 5 (Lima), dengan nilai akreditasi 40 ≤ n < 50
  6. Sinta 6 Terakreditasi Peringkat 6 (Enam), dengan nilai akreditasi 30 ≤ n < 40 (Sinta, 2019)

Bagi teman-teman yang mau submit jurnal, cek dulu ke Sinta ya apakah penerbit jurnal anda sudah terakreditasi dengan nilai yang baik ? salam

Referensi : 

BACA.2019. "BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI" DALAM http://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/index.php/baca diakses pada 7 Mei 2019 pukul 22.32 WIB

BIP.2019. "Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi" dalam https://jurnal.ugm.ac.id/bip diakses pada 7 Mei 2019 pukul 22.08 WIB

Khizanah al-Hikmah.2019. "Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan" dalam http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/index  diakses pada 7 Mei 2019 pukul 22.18 WIB

Jurnal kajian informasi dan perpustakaan.2019. "Jurnal kajian informasi dan perpustakaan" dalam http://jurnal.unpad.ac.id/jkip/index diakses pada 14 Oktober 2019 pukul 23.32 WIB

Sinta.2019. "SINTA" dalam http://sinta2.ristekdikti.go.id/ diakses pada 7 Mei 2019 pukul 22.28 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

1 komentar untuk "Daftar Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Terakreditasi Nasional"

  1. terimakasih untuk informasinya, izin digunakan sebagai referensi tugas akhir saya

    BalasHapus

Untuk pembaca blog Ganipramudyo.web.id, Feel free to ask!