Daftar Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Terakreditasi Nasional - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Selasa, 07 Mei 2019

Daftar Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Terakreditasi Nasional

Saat ini telah tersebar banyak jurnal nasional di Indonesia baik yang sudah terakreditasi dan belum. Namun apa saja kriteria jurnal tersebut terakreditasi secara nasional? lantas penerbit jurnal mana saja yang telah mendapatkan akreditasi jurnal khususnya dibidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Artikel ini akan membahasnya secara sederhana, bagaimana melihat akreditasi jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi serta contoh jurnal yang telah terakreditasi secara nasional. 
Menilai kualitas jurnal dapat dilihat dari berbagai aspek salah satunya akreditasi. Di Indonesia sendiri terdapat indek jurnal (Sinta) dan Akreditasi Jurnal (Arjuna) sebagai salah situs yang dapat menilai kualitas jurnal berdasarkan sistem Sinta dan Arjuna. Berikut beberapa jurnal nasional bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi yang sudah terakreditasi B atau Sinta 2 : 
1. Jurnal BACA 
Gambar 1. Akreditasi Jurnal BACA memperoleh Sinta 2 (Sinta, 2019)
BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI (Jurnal BACA) adalah jurnal ilmiah reguler oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - Institut Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII-LIPI) yang berfokus pada ilmu perpustakaan dan informasi. Artikel jurnal adalah hasil studi dan penelitian yang berasal dari studi literatur, penelitian lapangan, dan praktik kepustakawanan. Jurnal BACA diterbitkan online dua kali setahun (setengah tahunan) pada pertengahan tahun (Juni) dan pada akhir tahun (Desember) (Baca, 2019). 
Tautan Jurnal Baca : disini
2. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi 
Gambar 2. Akreditasi BIP memperoleh Sinta 2 (Sinta, 2019)
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi adalah Jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Perpustakaan Universitas Gadjah Mada di tingkat nasional yang mencakup banyak masalah utama dalam ilmu perpustakaan dan informasi. Tujuan publikasi Jurnal adalah untuk menyebarluaskan pemikiran dan gagasan konseptual atau hasil penelitian yang telah dicapai di bidang perpustakaan dan informasi. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi menerbitkan dua kali dalam setahun yaitu Juni dan Desember (BIP UGM, 2019)
Tautan Jurnal : disini
3. Jurnal Khizanah Al-Hikmah
Gambar 2. Akreditasi Khizanah al-hikmah memperoleh Sinta 2 (Sinta, 2019)
Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan (Khizanah al-Hikmah: Jurnal Perpustakaan, Informasi, dan Ilmu Arsip) adalah jurnal ilmiah yang telah menerbitkan makalah ilmiah sejak 2013. Jurnal ini disediakan untuk pustakawan, informasi ilmuwan, spesialis, manajer, peneliti, dan arsiparis yang membutuhkan atau tertarik untuk mengikuti perkembangan isu dan perkembangan terkini di bidang ini. Jurnal diterbitkan dan didanai oleh Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar serta terbit pada bulan Juni dan Desember(Khizanah al-Hikmah, 2019). 
Tautan Jurnal : disini
4. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Gambar 4. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan merupakan peer-riview jurnal yang diambil dari laporan penelitian ilmu perpustakaan dan informasi.Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan terbit dua tahun sekali Juni dan Desember. Jurnal ini dirterbitkan oleh Program studi Ilmu Perpustakaan Fikom Universitas Padjajaran. Jurnal ini bekerjasama dengan ISIPII. Adapun bidang jurnal ini yaitu manajemen perpustakaan, perpustakaan digital dan repositori, organisasi informasi, layanan informasi, manajemen pengetahuan, literasi informasi dan media, preservasi informasi dan media, infometric, kebijakan informasi, sistem dokumetasi, manajemen arsip, TIK di lembaga informasi(Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 2019) .
Tautan Jurnal : disini
Nah, untuk mengecek apakah penerbit jurnal yang akan anda submit sudah teraketasi oleh Sinta dan Arjuna, caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:
1. Kunjungi situs Sinta di laman http://sinta2.ristekdikti.go.id/
2. Ketik nama penerbit jurnal di laman pencarian
3. Cek Skor sinta, Mulai Sinta 1 - Sinta 6
Berikut rentang skor Sinta :
Tabel 1. Skor sinta 
Kategori Jurnal
Keterangan
Sinta 1
Terakreditasi Peringkat 1 (Satu), dengan nilai akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
Sinta 2
Terakreditasi Peringkat 2 (Dua), dengan nilai akreditasi 70 ≤ n < 85
Sinta 3
Terakreditasi Peringkat 3 (Tiga), dengan nilai akreditasi 60 ≤ n < 70
Sinta 4
Terakreditasi Peringkat 4 (Empat), dengan nilai akreditasi 50 ≤ n < 60
Sinta 5
Terakreditasi Peringkat 5 (Lima), dengan nilai akreditasi 40 ≤ n < 50
Sinta 6
Terakreditasi Peringkat 6 (Enam), dengan nilai akreditasi 30 ≤ n < 40
Sumber : Sinta, 2019
Bagi teman-teman yang mau submit jurnal, cek dulu ke Sinta ya apakah penerbit jurnal anda sudah terakridatasi dengan nilai yang baik ? salam
Referensi : 
BACA.2019. "BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI" dalam http://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/index.php/baca diakses pada 7 Mei 2019 pukul 22.32 WIB
BIP.2019. "Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi" dalam https://jurnal.ugm.ac.id/bip diakses pada 7 Mei 2019 pukul 22.08 WIB
Khizanah al-Hikmah.2019. "Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan" dalam http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/index  diakses pada 7 Mei 2019 pukul 22.18 WIB
Jurnal kajian informasi dan perpustakaan.2019. "Jurnal kajian informasi dan perpustakaan" dalam http://jurnal.unpad.ac.id/jkip/index diakses pada 14 Oktober 2019 pukul 23.32 WIB
Sinta.2019. "SINTA" dalam http://sinta2.ristekdikti.go.id/ diakses pada 7 Mei 2019 pukul 22.28 WIB

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done