Beasiswa LPDP 2019 : catatan singkat lolos seleksi administrasi - Gani Nur Pramudyo

Always Supporting Your Knowledge

Minggu, 05 Mei 2019

Beasiswa LPDP 2019 : catatan singkat lolos seleksi administrasi

Nganjuk - Kali ini Igan akan bagikan langkah apa saja yg harus dipersiapkan sblum mendaftar beasiswa lpdp 2019. Beasiswa Lpdp 2019 gelombang 1 akan dibuka pada tanggal 10 - 31 Mei 2019 untuk tujuan studi dalam dan luar negeri. Sementara gelombang 2 akan dibuka tanggal 1 Juli - 10 September 2019 untuk tujuan studi Dalam dan luar negeri.
Nah apa saja yang harus diperhatikan dan disiapkan sblum daftar beasiswa lpdp?. Igan akan bagikan beberapa persyaratan yang tentunya harus dan wajih dipenuhi oleh pelamar beasiswa. Berikut ini beberapa persyaratan beasiswa lpdp secara umum : 

1. Harus sudah lulus
Mengapa ini yg paling penting, ketika igan dulu mau daftar, sebenarnya igan blum lulus masih menjalani masa-masa sidang skripsi, ternyata pengumuman pendaftaran beasiswa lpdp udah dibuka aja. Langsung gas ujian revisi, eh blum dapat Surat keterangan lulus. Jadi temen2 minimal harus punya SKL yaa , amannya dan transkrip akademik. Baiknya lagi punya legalisir ijazah dan transkrip akademik. So gimana kalau sobat baru selesai sidang trus baru daftar yudisium, trus SKL blum keluar? Sedikit pengalamaan ya, ketika Igan dulu daftar lpdp itu pakai surat keterangan telah mendaftar yudisium dan transkrip ttd ketua jurusan. Apa bisa gan? Alhamdulillah bisa teman2, kebetulan pas ditranskrip akademik nilai skripsi udah keluar. SKL diganti dg surat keterangan. Ingat ya teman2, trus berusaha dan berdoa.

2. Toefl ITP minimal 400 utk jalur alumni bidikmisi dan daƩrah afirmasi. Trus yg jalur reguler, dkk itu 500
Ini yg penting rekan-rekan, syarat toefl harus sesuai dg lpdp. Sarannya kalau ga memenuhi, mending ga usah daftar dulu, coba asah kemampuan toefl, daftar di gelombang berikutnya. Kalau nanti maksa daftar ya bakalan nyesek ga lolos tahap administrasi, itu sih. Tpi igan yakin, rekan igan ini mesti lebih jago toeflnya kalau igan sendiri toefl itp nya cuman 437 cukuplah buat daftar lpdp jalur afirmasi alumni bidikmisi berprestasi,syarat minimal toefl itp 400. Fyi igan saat ini mengikuti pengayaan bahasa lpdp di UNS slama 6 bulan, biaya dan jatah bulanan ditanggung lpdp gaes.

3. Syarat- syarat lain tinggal mengikuti ya gaes sesuai ketentuan lpdp, mengapa? 
Jadi kalau 2 syarat di atas udah terpenuhi udah aman sih rekan-rekan. Tinggal beberapa syarat lain, nih contoh IPK utk jalur reguler itu minimal 3,0 skala 4,0, trus alumni bidikmisi minimal 3,5 bisalah ya gaes, rekan-rekan igan mesti lebih cerdas daripada igan. Selanjutnya kayak surat rekomendasi, surat pernyataan, surat ijin belajar bagi yg sdah bekerja, ktp, kk, sktm, rekening listrik 3 bulan terakhir, sk bidikmisi khusus bagi alumni bidikmisi, LOA atau bukti ketrima di kampus tujuan apabila ada (ga ada gapapa), surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba, 2 esai yg harus dibuat rencana studi dan kontribusi yg telah, sedang dan akan dilakukan untuk bangsa Indonesia.

Tipsnya seblum daftar beasiswa lpdp, temen2 harus sudah siap segala berkas2nya itu ya. Yg bisa dicil skarang sblum tgl 10 sperti toefl, surat keterangan sehat bebas narkoba, trus esainya jgn lupa dicicil. Esainya ini nantinya tuh apabila rekan2 lolos tahap 1 administrasi, dan tahap 2 tpa, teman2 akan ikut tahap 3 wawancara, nantinya esai teman akan diuji habis2an, eh ga ding, interviewer pas dikelompok 7 ICT ramah2 ding haha. Tergantung ya gaes pas wawancara nanti sesuai bidang ilmu, stop, fokus tahap administrasi, ini nanti akan igan tulis di tips tahap wawancara.Link penting seputar kebijakan panduan beasiswa lpdp bisa dipantau disini ya gaes Website LPDP dan Unduh dokumen.
Kira-kira begitu ya teman-teman utk info dan kiat lolos tahap administrasi nya, ngikuti proses dan alur ya, kami tunggu d keluarga besar Awardee lpdp di seluruh penjuru bumi. Sekian.
Comments


EmoticonEmoticon