Beasiswa LPDP #7: Pengalaman saya lolos seleksi administrasi

Menjadi narasumber Beasiswa LPDP

Kali ini saya akan bagikan langkah apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar Beasiswa LPDP  2019. 

Beasiswa LPDP 2019 gelombang 1 akan dibuka pada tanggal 10 - 31 Mei 2019 untuk tujuan studi dalam dan luar negeri. Sementara gelombang 2 akan dibuka tanggal 1 Juli - 10 September 2019 untuk tujuan studi Dalam dan luar negeri.

Nah apa saja yang harus diperhatikan dan disiapkan sebelum daftar Beasiswa LPDP ?  

Seleksi administratif Beasiswa LPDP

Berikut ini beberapa persyaratan Beasiswa LPDP secara umum : 

1. Harus sudah lulus

Ketika saya dulu mau daftar, sebenarnya saya belum lulus dan masih proses sidang skripsi. Akan tetapi pengumuman pendaftaran beasiswa LPDP sudah dibuka. 

Saya dulu daftar Beasiswa LPDP pakai surat keterangan telah mendaftar yudisium dan transkrip sementara tanda tangan ketua jurusan. 

Apakah bisa  syarat administratif Ijazah/SKL diganti surat keterangan? Bisa asalkan ditranskrip akademik nilai skripsi sudah keluar. 

2. Toefl ITP sesuai kriteria

Toefl ITP minimal 400 untuk jalur alumni bidikmisi dan daérah afirmasi. Jalur reguler, dkk itu Toefl ITP minimal 500 untuk jalur reguler dalam Negeri dan 550 untuk luar negeri. Ini yang penting teman-teman, syarat toefl harus sesuai dengan Ketentuan Beasiswa LPDP.

Syarat bahasa ini wajib, apabila belum mencukupi sebaiknya daftar di gelombang berikutnya. 

Ketika saya mendaftar Beasiswa LPDP jalur afirmasi bidikmisi, Toefl ITP saya yaitu 437. Setelah pengayaan bahasa oleh LPDP di  Pusat Bahasa UNS slama 6 bulan.

Baca juga: Pengalaman saya pengayaan bahasa di Pusat Bahasa UNS

3. Persyaratan Administratif lain

Syarat-syarat administratif lain tinggal mengikuti sesuai ketentuan Beasiswa LPDP. Jadi kalau 2 syarat di atas udah terpenuhi sudah aman

Beberapa syarat lain, seperti IPK untuk jalur reguler itu minimal 3,0 skala 4,0, trus alumni bidikmisi minimal 3,5 bisalah. 

Selanjutnya surat rekomendasi, surat pernyataan, surat izin belajar bagi yang sdah bekerja, KTP, KK, SKTM, rekening listrik 3 bulan terakhir, SK Bidikmisi khusus bagi alumni bidikmisi, LOA atau bukti ketrima di kampus tujuan apabila ada, surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba.

Ada 2 esai yang harus dibuat termasuk rencana studi dan kontribusi yang telah, sedang dan akan dilakukan untuk bangsa Indonesia.

Rahasia lolos seleksi administratif Beasiswa LPDP

Tipsnya sebelum daftar Beasiswa LPDP, temen-temen harus sudah siap segala berkas-berkasnya. 

Bisa mulai dicil sekarang yaitu toefl, surat keterangan sehat bebas narkoba dan esainya. Esainya  nantinya  akan kalain presentasikan saat interview. 

Ikuti proses dan alurnya, kami tunggu di keluarga besar Awardee lpdp di seluruh dunia. Sekian.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.