Belajar Mendeley #2: Cara Instal, setup, dan backup data

Belajar Mendeley 2- Cara Instal, setup, dan backup data

Instal, setup, dan backup data Mendeley Desktop - Pernah kamu mengalami kesulitan dalam melakukan instal Mendeley Desktop di Laptop/PC? Apakah kamu sudah tahu setup Mendeley? dan sudahkah kamu backup data mu?

Jika Ya, maka artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai cara Instal, setup, dan backup data Mendeley desktop di perangkat kamu. 

Instal Mendeley

Langkah 1 Unduh aplikasi terbaru

Langkah 2 Instal aplikasi

Klik dua kali file Mendeley-Desktop yang telah diunduh. Akan muncul kotak dialog setup wizard, Klik next untuk memulai Setup Wizard, hingga instalasi selesai lalu klik Run Mendeley Desktop. 

Instal aplikasi Mendeley

Pastikan add ons (plugin) Mendeley di Word Aktif, cek di tab menu Tools, Instal MS Word Plugin.

plugin mendeley di word

Langkah 3 Instal Mendeley Web Importer

Mendeley web importer digunakan untuk mengimpor paper, halaman web, dan dokumen lainnya langsung ke Mendeley kamu dari mesin pencari dan database. Mendeley Web Importer tersedia untuk semua browser web seperti Google Chrome, Firefox, Edge, dan Safari.

Unduh Mendeley importer atau gunakan Mendeley Web Importer for Chrome, lalu tambahkan (instal) di web browser .  

Mendeley Web Importer for Chrome
Mendeley Web Importer for Chrome yang sudah di instal di chrome

Setup Mendeley

Ubah Bahasa Indonesia

Ubah bahasa Indonesia di Mendeley berfungsi untuk mengubah bahasa kutipan, daftar pustaka contohnya kata "dan" dalam bahasa, "and dalam English, "Tersedia pada" atau "access on", "Diakses" atau "Accessed", "Agustus atau "August"

Cara ubah bahasa, silakan klik tab menu View > Citation Style > More Styles, ubah citation and bibliography language ke Indonesian. Maka secara otomatis kutipan dan daftar pustaka berubah ke Bahasa Indonesia. 

Mengubah bahasa kutipan dan daftar pustaaka di aplikasi Mendeley

Tambah Style terbaru 

Kamu bisa menambahkan kutipan dengan menu Get More Style di MendeleyCari kutipan universitas mu, misal Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri malang yang secara default memiliki format bahasa Indonesia. 

Klik instal style, lalu pilih style tersebut.

Tambah Item (ruas) Metadata Mendeley

Pilih tab menu Tools > Options, Muncul dialog box Document Details, pilih document type (journal, Book, dll)

Setup Ruas Buku, pilih Book pada document type. Tambahkan misal item Translator (Penerjemah). Ada banyak item yang bisa ditambahkan, namun tidak semua muncul di daftar pustaka. Hal ini dikarenakan daftar pustaka yang dihasilkan sesuai Style Standard.  

Tambah Item (ruas) Metadata Mendeley

Backup Data Mendeley

Membackup data di Mendeley, kamu bisa pilih SYNC. Tunggu proses backup hingga 100%, pastikan koneksi internet mu stabil. Apabila Logout dan Login di perangkat lain, maka secara otomatis data tidak hilang, tinggal kembali pilih SYNC.

Kamu bisa gunakan pilihan export .bibtex dan PDF Export sebagai alternatif backup Mendeley.Cara backup melalui export bibtex, kamu bisa blok seluruh data di Mendeley, klik kanan export bibtex. Untuk import, kamu bisa pilih menu file lalu klik Add file.

export bibtext Mendeley

Langkah selanjutnya, silakan buka tautan: Belajar Mendeley #3: Membuat kutipan dan daftar pustaka Mendeley.

Series Belajar Mendeley lainnya oleh Mas Gani

Series Belajar Mendeley lainnya oleh Mas Gani, silakan buka tautan Belajar Mendeley. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.