Belajar Mendeley #1: Mengenal, mendaftar dan mengunduh aplikasi

Belajar Mendeley #1: Mengenal, mendaftar dan mengunduh aplikasi

Mengenal, mendaftar dan mengunduh aplikasi mendeley - Pernahkah kamu merasa kesulitan membuat akun Mendeley? Jika Ya, maka artikel ini akan membimbingmu agar mudah membuat akun Mendeley. 

Sebelum bahas lebih lanjut, saya coba jelaskan terlebih dahulu apa itu Mendeley, bagaimana skema kerjanya, apa manfaatnya bagi penulisan jurnal dan bagaimana cara kita mendaftarkan akun agar bisa memanfaatkan segala fitur yang diberikan. 

1. Mengenal Mendeley

Mendeley adalah aplikasi untuk mengelola referensi (kutipan dan daftar pustaka), sehingga hasil yang ada di Word dapat diubah sesuaikan secara otomatis. Mendeley juga dapat digunakan untuk mencari jurnal gratis dan membaca jurnal. Hal yang paling bermanfaat yaitu dapat digunakan sebagai backup (menyimpan) referensi yang dimiliki di Cloud Mendeley. 

Mengutip dan membuat daftar pustaka, kamu harus terlebih dahulu input data mendeley dan insert bibliography. Tersedia banyak Style daftar pustaka, dan tidak terbatas pada APA, HARVARD, IEEE, Vancouver, dll. Kamu juga bisa mencari Style Daftar pustaka sesuai tujuan jurnalmu dengan setup mendeley. 

2. Mendaftar akun Mendeley

Buka web browser  Anda, dan akses Mendeley. Klik “create free account atau create account” untuk membuat akun Mendeley.

Ketikkan alamat email yang akan di daftarkan, lalu klik “Continue”. Ketik nama anda dan Password di kolom yang tersedia, Klik “Register”. Selanjutnya akan muncul “Registration succesful”, klik Continue.  

mendeley

Membuat Akun dan Mendownload MendeleyMembuat Akun MendeleyMembuat Akun Mendeley2

Pilih Current role dan field study anda saat ini. Misalnya Student > Master – Social Science, centang “make profile public” untuk membuat profil anda dapat dilihat secara luas. Klik Continue to Mendeley. 

Note: Anda juga dapat melewati langkah ini, klik “Skip this step”.

Membuat Akun Mendeley

3. Unduh Mendeley Versi Stable 

Seringkali saat menginstal mendeley untuk Windows 7 gagal dan ada pesan error dsb. Solusi paling mudah apabila gagal instal untuk Windows 7, Windows 8, Windows 10, MAC OS sebagai berikut:

  • Uninstal Mendeley versi terbaru terlebih dahulu > Buka control panel, uninstall Mendeley. Ikuti langkah uninstall
  • Unduh Mendeley versi 1.19.4 (Mendeley stabil versi saya). Silahkan pilih versi sesuai OS, misal Windows. Apabila tidak tautan tidak bisa, gunakan Mendeley 1.19.4 gdrive
  • Unduh Mendeley versi 1.14 (Alternatif Mendeley stabil versi saya). Silahkan pilih versi sesuai OS, misal Windows.

Setelah berhasil mengunduh Mendeley Desktop, lanjutkan proses instalasi dengan klik setup file .exe, jalankan instalasi (Klik next) dan launch program. Setelah itu masuk dengan username dan pasword yang telah di daftarkan di atas. 

Langkah selanjutnya, silahkan buka tautan: Belajar Mendeley #2: Cara Instal, setup, dan backup data

Series Belajar Mendeley lainnya oleh Mas Gani

Series Belajar Mendeley lainnya oleh Mas Gani, silahkan buka tautan Belajar Mendeley. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.