Belajar Mendeley #3: Menambahkan kutipan, daftar pustaka dan hyperlink

Belajar Mendeley #3: Menambahkan kutipan, daftar pustaka dan Hyperlink

Membuat kutipan, daftar pustaka dan hyperlink melalui Mendeley - Pernahkah kamu merasa kesulitan untuk membuat kutipan dan daftar pustaka? apakah kutipanmu seringkali tidak ditemukan di daftar pustaka? apakah bisa kutipan di klik langsung menuju daftar pustaka?

Jika ya, artikel ini membantu dan memandumu untuk membuat kutipan sekaligus daftar pustaka secara otomatis menggunakan Aplikasi Mendeley. 

1. Menambahkan kutipan di Mendeley

Membuat konten dan Mengisi metadata

Sebelum menambahkan kutipan (sitiran) dan daftar pustaka (referensi) di paragraf (Paper), kamu perlu menambah entri metadata di Mendeley. 

Add entry manually

Entri Mendeley manual dilakukan dengan pilih Add entry manually. Klik kanan pada lembar kerja Add entry manually. Pilih Type (jenis), misalnya Bab Buku lalu isikan Judul, Pengarang, tahun, tempat terbit dan penerbit. Klik Simpan setelah semua berhasil diisi sesuai kebutuhan. 

Menambahkan kutipan di MendeleyMenambahkan kutipan di Mendeley

Mengisi DOI langsung

Masukan alamat DOI Jurnal, lalu klik cari untuk cara cepat entri data Mendeley. Secara otomatis metadata akan terisi dan terpanen di isian metadata Mendeley, Klik Simpan.

Menambahkan kutipan di MendeleyMenambahkan kutipan di Mendeley

Add file PDF / .refman

Pilih Add file dengan memasukan PDF atau Refman hasil unduh dari Google Scholar atau Database Jurnal. Secara otomatis metadata akan terisi dan terpanen di isiian metadata Mendeley.

Menambahkan kutipan di Mendeley

Menambahkan kutipan di MS Word

Menambahkan kutipan dengan style APA/Harvard/IEE, pastikan kamu telah memiliki metadata dan referensi yang telah diolah sebelumnya di Mendeley, gunakan cara input kutipan di atas. Setelah itu, masukan kutipan dengan langkah sebagai berikut:

Klik Toolbar menu “References” pada Microsoft Word. Pada Kolom Mendeley Cite-O-Matic, klik Insert citation. Lalu ketik “Pengarang/judul/tahun” tekan OK untuk memasukan kutipan.

Menambahkan kutipan Mendeley di ms word

Anda bisa juga menggunakan Shortcut (Alt + M). Lalu ketik “Pengarang/judul/tahun” tekan OK untuk memasukan kutipan. 
  • Pengarang lebih dari satu, hapus (search for additonal reference) ketik “Pengarang/judul lain” dst, lalu klik OK.
Menambahkan kutipan Mendeley di ms word
  • Nomor halaman pada kutipan, hapus (search for additonal reference) sampai dialog box sufix muncul.Klik isi suffix dengan halaman (Contoh :50)
Menambahkan kutipan Mendeley di ms word

  • Contoh Hasil kutipan langsung

Menambahkan kutipan Mendeley di ms word

  • Bayang-bayang abu-abu pada kutipan menunjukkan bahwa Kutipan dibuat dengan aplikasi reference manager (Mendeley). Apabila ingin edit manual kutipan silakan pilih keep manual edit. Contoh Menurut Dewoto and Wardhini (1995:50)

2. Menambahkan daftar pustaka 

Insert daftar pustaka Mendeley secara otomatis silakan Klik Insert Bibliography di tab menu reference WORD. Mendeley secara otomatis akan membuat daftar pustaka dari seluruh referensi yang disitir di dalam dokumen.

Secara default, pilih style APA Style sebagai dasar untuk editing daftar pustaka dengan jenis dan style apapun. Misalnya kutipan dengan angka (numeric) seperti Vancouver Superscript, atau lainnya. Setelah proyek input kutipan dan insert daftar pustaka selesai ganti style numeric.

Menggunakan style dalam format numeric saat input dan editing kutipan akan menghambat proses, membuat lambat lembar word anda

Menambahkan daftar pustaka Mendeley ke ms word

Berikut contoh hasil daftar pustaka yang diedit menggunakan Mendeley. Style daftar pustaka tersebut dapat dengan mudah diganti ke Style lain sekali klik. Apabila membuat daftar pustaka secara manual, mengganti style daftar pustaka membutuhkan waktu lama.  

Contoh daftar pustaka Style IEEE di Mendeley

Contoh daftar pustaka IEEE di Mendeley

Contoh daftar pustaka Style Harvard di Mendeley

Contoh daftar pustaka harvard di Mendeley

Contoh daftar pustaka Style APA di Mendeley

Contoh daftar pustaka APA di Mendeley

3. Membuat Hyperlink

Kutipan yang kamu buat, akan langsung menuju daftar pustaka ketika di Klik, inilah yang disebut dengan hyperlink

Membuat hyperlink dilakukan secara manual setelah proses input kutipan dan daftar pustaka Mendeley. Secara otomatis mendeley belum memiliki fitur Hyperlink, sehingga input hyperlink dan bookmark harus dilakukan satu-satu secara manual. 

Berikut langkah membuat hyperlink di MS Word: 

  • Export as Without Mendeley Fields dokumen kamu, maka secara otomatis kutipan dan daftar pustaka seolah manual tanpa bayang-bayang. 

Membuat Hyperlink Mendeley

  • Klik insert bookmark pada tiap nama pengarang di seluruh daftar pustaka. Isikan nama depan pengarang dan tahun apabila diperlukan. 

Membuat Hyperlink Mendeley

Membuat Hyperlink Mendeley
  • Insert hyperlink pada tiap kutipan yang ada di paragraf dokumen sesuai nama di bookmark yang telah kamu tetapkan.
Membuat Hyperlink Mendeley
  • Tekan CTRL+ Klik kiri untuk memastikan bahwa kutipan mu langsung menuju ke daftar pustaka.
Membuat Hyperlink Mendeley
  • Langkah terakhir, ganti warna font berwarna biru ke hitam dan hapus underline pada setiap kutipan yang telah diberi hyperlink

Catatan:

Perubahan atau penambahan sitiran pada dokumen setelah ini akan secara otomatis mengubah daftar pustaka yang telah dibuat. 

Apabila anda Pengajar (Dosen), mengetahui mahasiswa (siswa) yang menggunakan Mendeley dalam karya akhirnya, perhatikan elemen berikut:

  • Pastikan ada bayang-bayang abu di kutipan dan daftar pustaka.
  • Refresh Mendeley melalui tab menu reference Mendeley cite o matic, Klik Refresh. Maka daftar pustaka akan di update, menunjukkan jumlah aslinya.
  • Mintalah format bibtex atau video proses input data Mendeley
  • Memberikan arahan untuk menambahkan hyperlink dan Bookmark di kutipan. Sehingga apabila kutipan di Klik maka akan langsung menuju daftar pustaka. 

Langkah selanjutnya, silakan buka tautan: Belajar Mendeley #4: Mengelola referensi dan mengoptimalkan fitur 

Series Belajar Mendeley lainnya oleh Mas Gani

Series Belajar Mendeley lainnya oleh Mas Gani, silakan buka tautan Belajar Mendeley. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.