Q&A Jurusan Ilmu Perpustakaan - Pertanyaan, Keluh Kesah, Solusi dan Curhatan

tanya jawab mahasiswa ilmu perpustakaan

Kali ini saya akan memberikan sedikit pencerahan terkait pertanyaan yang sering diajukan oleh teman-teman calon dan mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan.

Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, menyarankan pembaca untuk terlebih dahulu membaca dua artikel saya berikut ini:

  1. Mahasiswa Ilmu Perpustakaan: Sebuah renungan dan perjalanan
  2. Jurusan Ilmu Perpustakaan dan dan prospek kerjanya

Materi yang dipelajari mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan 

Jadi gini kak, aku pengen tau apa aja yang dipelajari di jurusan jurusan ilmu perpustakaan, susah ga sih? 

Tidak sulit, asalkan kita mau belajar. Saya setelah ini mau melanjutkan studi pascasarjana (S2) Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia. 

Kalau di jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB), mata kuliahnya yang dipelajari sesuai kurikulum 2018. 

Baca juga: Kurikulum jurusan ilmu perpustakaan FIA UB

Prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan

Saya masih calon mahasiswa baru sama daftar bidikmisi juga, saya bingung mau ambil jurusan apa yang saingannya sedirik tapi prospek kerjanya bagus gitu? 

  1. Prospeknya kerja di perpustakaan perguruan tinggi baik swasta dan negeri. Gajinya minimal sesuai UMR saat pertama masuk kerja. Kalau menjadi pegawai tetap bisa menambah 200-500ribu tergantung instansinya. 
  2. Kalau kerja di perpustakaan sekolah, saya menyarankan untuk mencari kerja di yayasan (swasta) gajinya udah UMR + tunjangan dan uang makan. 
  3. Kalo lainnya bisa kerja PNS. Kemarin formasi perpustakaan hampir tiap perpustakaan daerah buka 1-3 rekrutmen, dan Perpustakaan Nasional membuka 130 formasi di tahun 2018.
  4. Kalau menginginkan gaji bagus, bisa melamar kerja di perusahaan CNN, Kompas, RIN, Exxon mobil dan Semen gresik. Bidang yang dilamar yaitu jurusan ilmu perpustakaan. Gajinya lumayan sekiatar 4-30 juta per bulan, tergantung posisi dan bisa lebih besar lagi
  5. Kalau mau lintas bisa kerja di bank bagian ODP itu 7-15juta. 
  6. Mau jadi penulis itu min bisa 3,5 juta di UC News, atau media lain. 
  7. Bisa jadi AD, AL atau AU juga bisa gajinya juga sesuai golongan. 

Kalau di jurusan ilmu perpustakaan FIA UB, itu ada grup whatsapp yang salah satunya menginformasikan lowongan kerja. Biasanya teman-teman pilih lokasi sama gaji. 

Rentang mencari kerja itu bisa langsung dapat, bisa menunggu sampai 3 bulan baru dapat. Lama mencari kerja dihitung setelah wisuda. 

Rata-rata teman saya kerja di perpustakaan swasta, PNS, dan BUMN.

Lulusan jurusan ilmu perpustakaan bisa jadi PNS?

Lulusan jurusan ilmu perpustakaan apa bisa jadi PNS kak? 

  • Keluarga saya menyarankan kalo pilih jurusan itu nantinya yang bisa jadi PNS gitu biar kerjanya enak sama gajinya lumayan gitu. Tentu sangat bisa, lihat formasi tentunya.

Berapa biaya kuliah S2 ilmu perpustakaan?

Brother S2nya dimana ya kalau boleh tau ? biaya UKT nya berpa ?

  • Universitas Indonesia, 12 juta per semester dan uang gedung 8 juta diawal

Kiat meraih beasiswa S2 untuk jurusan ilmu perpustakaan

Dulu brother kok sampe dapet beasiswa, kiat-kiatnya apa ya? saya pengen nyoba LPDPm tapi IPK saya rendah, skor toefl lumayan. Itu gimana ? 

  • Niat dulu, terus ada info dari temen ada beasiswa LPDP, terus tertarik, karena memang ingin melanjutkan tapi ga ada biaya.  IPK minimal 3,0 toefl minimal yang reguler tujuan studi dalam negeri 500, Luar negeri 550 dan afirmasi dalam negeri 400

Program S2 Ilmu Perpustakaan di Universitas Indonesia

Kalau di Universitas Indonesia ada peminatan kearsipan dan perpustakaan? 

  • Betul aku pilih kearsipan. Semester pertama ada dua mata kuliah umum preservasi dan manajemen pengetahuan serta automasi lembaga informasi. Semester 2 dan 3 sudah mulai ada peminatan
  • Baca juga: Kurikulum S2 Ilmu Perpustakaan FIB UI

Masuk Simak Universitas IndonesiaTOEFL wajib 550? 

  • Tidak wajib, tapi bisa dilmpirkan Lolos Simak = lolos Universitas Indonesia. Tidak ada tes wawancara, motivation letter. Untuk prodi Magister ilmu perpustakaan Universitas Indonesia wajib mengirimkan paper ilmiah

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.