Klasifikasi dan Indeks As built Drawing: Standard CAD

Standar CAD

Standar Computer Aided Design (CAD) mengacu pada standar yang tercantum dalam bagian persyaratan spesifikasi kontrak. Standar CAD adalah standar yang akan digunakan saat memperbarui / membuat file gambar CAD elektronik. Standar CAD yang tercantum dalam spesifikasi kontrak akan mencakup perincian tentang Drawing File Organization, Graphic Concepts, Level / Layer Assignments, dan Standard Symbology. 

  1. Drawing File Organization mencakup hubungan antara model files dan sheet files, kumpulan drawing sheet dan file naming conventions sheet. 
  2. Graphic Concepts mencakup rincian tentang penggunaan standard line work, text, dimensions, Scales dan Border Sheets. 
  3. Standar CAD akan memberikan nama Level / Layer Assignments khusus untuk sheet and model files. 
  4. Standar CAD akan menentukan dan menyediakan penggunaan Standard Symbology.

Drawing File Organization 

  1. Area Desain. Dalam pengembangan Gambar CAD Akhir, pengaturan Area Desain yang digunakan untuk Gambar CADD Perabotan Pemerintah akan dipertahankan. Pengaturan Area Desain ini dijelaskan dalam Standar CAD dan mencakup akurasi file (unit), asal global, dan definisi unit.
  2. Model Files and Sheet Files. File Model berisi komponen fisik suatu proyek (misalnya, kolom, dinding, topografi, saluran, dll.). File model digambar dalam skala penuh dalam ruang geografis yang sebenarnya dan biasanya mewakili rencana, ketinggian, bagian, dll. Biasanya, pengembangan Gambar CAD Akhir memerlukan pembaruan beberapa file model. File lembar identik dengan file Gambar CAD yang diplot. File lembar adalah tampilan yang dipilih atau bagian dari file model yang direferensikan dalam lembar batas. Penambahan informasi khusus lembar (mis., Teks, dimensi, dan simbol) melengkapi pengembangan dokumen. Dengan kata lain, file lembar adalah Gambar CAD Akhir yang "siap untuk dipetakan".
  3. Drawing Sheet Assembly. Standar CAD A / E / C memberikan panduan untuk merakit Lembar Gambar.Standar ini juga menyediakan pesanan untuk mengatur lembar menjadi satu set gambar. Untuk pengembangan Gambar CAD Akhir, penting untuk mempertahankan metode perakitan gambar dan urutan gambar yang sama yang digunakan dalam File CAD Perabotan Pemerintah.
  4. Konvensi Penamaan File Gambar Elektronik. Standar CAD A / E / C memberikan detail penamaan File Model dan File Lembar elektronik. Konvensi penamaan standar mengamanatkan Kode Proyek di awal nama file. Kode Proyek akan tersedia pada Gambar CADD yang Dilengkapi Pemerintah dan akan tersedia dari Perwakilan Pejabat Kontrak. Untuk pengembangan Gambar CAD Akhir, penting untuk mempertahankan konvensi penamaan file yang sama dengan yang digunakan dalam File CAD yang Dilengkapi Pemerintah. Contoh konvensi penamaan File Model dan File Lembar disediakan di bawah ini. 
Klasifikasi As  built drawing

Graphic Concepts 

Standar CAD A / E / C memberikan panduan tentang lebar / berat, jenis / gaya, dan warna pekerjaan garis. Selain itu, panduan penggunaan teks termasuk font, ukuran dan penempatan juga disediakan. Untuk pengembangan Gambar CAD Akhir, penting untuk mencocokkan pekerjaan garis dan atribut teks dengan yang disediakan dalam File CAD yang Dilengkapi Pemerintah. Line work, text styles, dimension styles dan atribut yang terkait (lebar / berat, gaya / jenis, dan warna) sering kali dikonfigurasikan sebelumnya menggunakan file konfigurasi standar. File konfigurasi standar ini harus disediakan dengan Government Furnished Item dan dapat digunakan dengan mudah untuk mengikuti standar.

Setiap Gambar CAD baru harus menggunakan blok judul dan batas gambar yang disediakan dengan Gambar CAD Perabotan Pemerintah. Blok judul akan menjadi blok vertikal di sisi kanan lembar perbatasan. Minimal itu akan berisi Blok Identifikasi Desainer, Blok Masalah, Blok Manajemen, Blok Judul Proyek / Lembar dan Blok Identifikasi Lembar.

Level Layer Assignments 

Penetapan tingkat / lapisan dan konvensi penamaan tingkat / lapisan harus sesuai dengan yang disediakan dalam Gambar CAD Perabotan Pemerintah. Panduan diberikan tentang penamaan tingkat/ lapisan dalam Standar CAD A / E / C. Selain itu, A / E / C CAD Standard menyediakan File Model dan Sheet File Level / Layer Assignment Tables yang menyediakan daftar berbagai tingkat/ lapisan yang dapat digunakan untuk setiap disiplin dan atribut terkait (lebar / berat, gaya / jenis dan warna). Penetapan tingkat/ lapisan dan atribut terkait sering kali dikonfigurasikan sebelumnya menggunakan file konfigurasi standar. File konfigurasi standar ini harus disediakan dengan Government Furnished Item dan dapat digunakan dengan mudah untuk mengikuti standar.

Standard Symbology 

Simbologi standar dapat digambarkan sebagai sekelompok elemen grafis yang dapat dimanipulasi sebagai satu kesatuan. Biasanya simbologi standar dibuat untuk item grafis yang akan digunakan secara teratur seperti lubang got, hidran kebakaran, timbangan batang, dll. Dalam pengembangan Gambar CAD Akhir, simbologi standar harus sesuai dengan yang disediakan dalam Gambar CAD Perabotan Pemerintah dan akan disediakan dengan Bahan Furnished Pemerintah.

Final CAD Drawings

Ketika revisi telah selesai pada Gambar Kerja CAD, Lembar Sampul akan diberi label dengan kata-kata "RECORD DRAWINGS / AS-BUILT CONDITIONS". Nama Kontraktor diikuti dengan Nomor Kontrak yang sebenarnya akan ditambahkan ke Lembar Sampul

Label dengan teks "AS-BUILT" yang menunjukkan tidak ada revisi pada sheet, atau "REVISED AS-BUILT" yang menunjukkan satu atau lebih revisi.

Contoh

Referensi

Asbuiltprofessionals.2020. As-built Documentation dalam https://asbuiltprofessionals.com/wp-content/uploads/2020/07/on-the-boards-1.pdf

ERDC.2019. A/E/C Computer-Aided Design (CAD) Standard Release 6.1 dalam https://www.wbdg.org/FFC/AECCAD/ERDC_ITL_TR-19-7_2019.pdf 

USACE .2014. As-built Guidance For Contractors dalam https://www.lrc.usace.army.mil/Portals/36/docs/business/doing%20business/CELRC-AS-BUILT-GUIDANCE-11-19-2014.pdf

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Indeks As built Drawing: Standard CAD"