4 Channel YouTube sebagai Sumber Belajar gratis

Sumber belajar dari Youtube

Sumber belajar terdiri dari sekumpulan bahan atau situasi yang diciptakan dan dibuat agar memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri. Sumber belajar yang memadai  mempermudah pemahaman materi pelajaran, melengkapi, memelihara,dan memperkaya ilmu para siswa (Setiadi et al., 2019).

YouTube sebagai media belajar memiliki beragam manfaat, sebagai berikut

  • Informatif, memberikan informasi terkini seputar pengetahuan dan teknologi 
  • Interaktif, memfasilitasi untuk tanya jawab dan diskusi melalui kolom komentar
  • Fleskibel, diakses dimanapun dan kapanpun melalui internet
  • Tersedia gratis, dapat dibagikan
  • Sumber informasi mendukung pembelajaran

4 Channel YouTube sebagai Sumber Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru dan orangtua, yaitu :

Youtube ruang guru

Ruangguru Bimbel Online No. 1

Ruangguru menyediakan playlist ruang belajar berisi 126 video yang membahas materi pelajaran. Ruang belajar berisi video belajar sesuai dengan jenjang SD - SMP - SMA - SMK, termasuk mata pelajaran matematika, bahasa inggris, geografi dsb. Selain itu, terdapat beragam video yang terkait dengan pembelajaran seperti skill academy, ruang cerita, ruangguru festival, dll.

Pengguna dapat mengakses sumber belajar ruangguru melalui tautan

https://www.youtube.com/channel/UCbc1RY0McnikiEMD8Box5Ig

Quipper Indonesia

Quipper berisi video pembelajaran dari berbagai materi pelajaran dan topik serta informasi terbaru. Materi tersedia seperti mata pelajaran fisika, kimia, biologi, sejarah, ekomomi, geografis, sosiologi, bahasa indonesia dan bahasa inggris baik untuk SMP dan SMA. Selain itu terdapat pula materi dan soal latihan untuk UN dan UTBK, SBMPTN, dll

Akses sumber belajar quipper melalui tautan:

https://www.youtube.com/user/QuipperApp

Zenius Education

Zenius menyediakan konten pendidikan untuk semua tingkatan pendidikan dari SD, SMP, dan SMA beserta persiapan ujian nasional dan tes masuk perguruan tinggi. Materi yang tersedia seperti biologi, fisika, kimia, bahasa inggris, ekonomi, sosiologi untuk SMA, beberapa mata pelajaran untuk SMP dan beberapa soal-soal try out.

Akses sumber belajar Zenius melalui tautan:

https://www.youtube.com/user/ZeniusEduChannel

Belajar Itu Asyik by Primaindisoft

Primaindisoft.com menyediakan materi belajar matematika untuk siswa SD, SMP, SMA. Materi belajar dikemas dalam bentuk komik interaktif atau E-comic yang membahas konsep Matematika dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat juga beberapa tutorial yang berisi video panduan langkah per langkah untuk mempelajari berbagai software dan keterampilan. 

Akses sumber belajar Primanindisoft melalui tautan:

 https://www.youtube.com/channel/UC9TuRNDbO4h-bbZXju0v03w

Televisi Edukasi

Televisi edukasi berisi video pembelajaran untuk SD dari kelas 1-3, hingga 4-6 yang dapat dilakukan saat belajar dirumah. Video pembelajaran berbentuk animasi kartun menarik. Selain itu, terdapat pula beberapa video terkait warisan budaya lokal di Indonesia untuk pelajar dan masyarakat. 

Akses sumber belajar televisi edukasi melalui tautan:

https://www.youtube.com/televisiedukasi

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.