5 Aplikasi parafrase online (online paraphrasing tool)

Parafrase adalah upaya untuk menyatakan kembali ide-ide yang diungkapkan oleh orang lain dalam bentuk baru. Parafrase merupakan kegiatan menulis sesuatu dengan kata-kata sendiri yang diambil dari konsep asli - bagian buku atau sumber penelitian lain. 

Parafrase dilakukan dengan membuat kata dan/atau kalimat baru dalam sebuah paragraf tanpa menghilangkan makna paragraf asli. Kegiatan ini serupa mendengarkan cerita orang lain dan menceritakannya kembali dengan kata-kata sendiri tanpa mengubah maknanya. Parafrase merupakan kegiatan membuat teks sumber lebih mudah dipahami dengan tetap menjaga makna aslinya tetap utuh.

5 Aplikasi parafrase online

Manfaat parafrase

Manfaat parafrase ketika penulisan karya, antara lain (Mediapustaka.id, 2022):
  • Menghindari plagiasi. Plagiasi adalah tindakan menyalin ide sebagian atau seluruhnya tanpa mencantumkan sumber. Tingkat plagiasi tinggi dapat diindetifikasi dengan tools cek plagiasi seperti turnitin. 
  • Kalimat kompleks menjadi sederhana dan mudah dipahami. Kegiatan parafrase berarti menulis ulang sesuai pemahaman penulis ketika mendapatkan ide dari karya yang dirujuk.
  • Kalimat panjang menjadi pendek, karena menulis ulang hanya mengambil poin-poin penting dengan kalimat kita sendiri.

Teknik parafrase

Ada beberapa cara untuk menulis ulang sebuah kalimat atau parafrase kalimat/paragraf secara efektif, yaitu sebagai berikut (Fitria, 2021):

Parafrase menggunakan persamaan atau sinonim

Sinonim adalah ketika dua kata yang berbeda memiliki arti atau makna yang sama. Dalam bahasa Indonesia, misalnya, kata bisa dan dapat memiliki arti yang sama tetapi merupakan dua kata yang berbeda. 

Dengan mengubah beberapa kata dalam sebuah kalimat, dapat dikatakan bahwa kalimat tersebut telah berubah. Metode ini adalah yang paling dasar dalam parafrase. Hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sinonim yang tepat karena dua kata dapat memiliki arti yang sekilas mirip tetapi berbeda. 

Ketika parafrase perlu untuk mengubah beberapa kosa kata, tapi tidak semuanya. Oleh karena itu, perlu untuk mengidentifikasi kata/frasa mana yang tidak dapat diubah .

Parafrase dengan mengubah urutan kata dalam kalimat

Dalam mengubah susunan kata, agar kalimat tetap mengikuti aturan yang berlaku, terkadang ada penambahan atau pengurangan kata yang perlu dilakukan. Cara termudah untuk mengubah urutan kata adalah dalam kalimat majemuk dengan mengubah klausa yang digunakan. 

Parafrase juga dapat berupa kombinasi mengubah urutan kata dalam sebuah kalimat dan menggunakan persamaan kata atau sinonim secara bersama-sama.

Parafrase dengan mengubah bentuk kata

Bentuk kata yang dimaksud pada bagian ini adalah jenis kata apakah kata itu verba, adjektiva, adverbia, dan sebagainya. Agar makna kalimat tetap sama dan tidak melanggar kaidah tata bahasa, terkadang kata lain perlu diubah, ditambahkan, atau dihilangkan.

Parafrase dengan menggunakan kalimat aktif atau pasif

Pada kalimat yang memiliki subjek, kata kerja, dan objek dapat diubah dari kalimat aktif menjadi kalimat pasif, atau sebaliknya dari kalimat pasif menjadi kalimat aktif.

Aplikasi Parafrase (Paraphrasing tools)

Aplikasi parafrase adalah teknik yang digunakan untuk menghasilkan dokumen baru, atau dokumen dari sumber teks asli dengan mengganti kata-kata dengan mempertahankan makna keseluruhan teks, sembari menghindari tools plagiarisme. 

Aplikasi parafrase adalah program yang memungkinkan orang untuk mengedit teks sehingga memiliki kata yang berbeda tanpa mengubah artinya. Aplikasi parafrase bekerja dengan dua sumber teks: teks salinan yang kamu gunakan dan teks asli (jika tersedia). Program membaca teks sumber dan kemudian menghasilkan teks baru yang mengandung arti yang sama.

Berikut ini beberapa aplikasi parafrase online gratis yang dapat kamu gunakan untuk parafrase teks (Prentice & Kinden, 2018):

1. Plagiarisma

Plagiarisma merupakan tools parafrase online gratis yang memungkinkan pengguna untuk menulis ulang artikel bahasa inggris (Rewrite article) secara online. Cara parafrase dengan tool ini yaitu pengguna membuka tautan http://plagiarisma.net/spinner.php. Copy teks pada lembar kerja yang tersedia > klik Rewrite Article

Paraphrasing-tool.com untuk parafrase online

2. Paraphrasing-tool.com 

Parapgrasing tools digunakan untuk melakukan parafrase, menulis ulang artikel atau kata bahasa inggris secara gratis. Tools ini dapat menampung maksimal 10.000 kata untuk diparafrase. Cara penggunaanya, buka tautan https://paraphrasing-tool.com/, copy teks pada lembar kerja > PARAPHRASE NOW. 

Paraphrasing-tool.com aplikasi mudah parafrase kalimat

3. Prepostseo

Prepostseo merupakan kumpulan tools optimasi website yang biasa dipakai oleh para blogger. Prepostseo dapat digunakan untuk melakukan parafrase teks beragam bahasa termasuk bahasa indonesia. Cara penggunaanya, silakan buka tautan https://www.prepostseo.com/id/paraphrasing-tool, copy teks ke lembar kerja > Klik Mengutip.

Prepostseo untuk parafrase artikel indonesia

4. Rewritertools 

Rewitertools berfungsi untuk menulis ulang artikel bahasa inggris, dan belum support bahasa indonesia. Cara penggunaannya yaitu buka tautan https://www.rewritertools.com/paraphrasing-tool, Copy teks ke lembar kerja > klik Start Paraphrasing. 

Rewitertools alat parafrase bahasa inggris

5. Seomagnifier

SEOMagnifier's online paraphrasing tool membantu kamu untuk melakukan parafrase kalimat, artikel, esai, tugas, riset dan konten blog. Seo maginifier mendukung parafrase artikel bahasa indonesia. Cara penggunannya yaitu Buka tautan https://seomagnifier.com/online-paraphrasing-tool, copy teks pada lembar kerja > Paraphrase it.

seomagnifier alat parafrase bahasa indonesia yang praktis digunakan

6. Quillbot

Quillbot merupakan aplikasi parafrase, rewrite artikel, dan spinner teks bahasa inggris. Cara penggunaannya, buka tautan https://quillbot.com/, Salin teks pada lembar kerja > Paraphrase. 

Quillbot untuk parafrase artikel bahasa inggris

    Penutup:

    Parafrase sebagai kegiatan mengubah teks sesuai apa yang kita pahami, tanpa mengubah makna asli. Parafrase paragraf menghindarkan kita dari tindakan plagiasi, atau lupa mencantumkan sumber. Beberapa aplikasi online yang dapat dimanfaatkan untuk parafrase bahasa indonesia seperti Prepostseo, Rewritertools dan Seomagnifier.

    Adapun tools parafrase khusus bahasa inggris tetap pula dapat dimanfaatkan dengan cara mengubah bahasa ke inggris dengan google translate. Hasil translate kemuadian dilakukan parafrase online, kemudian diubah lagi ke bentuk bahasa indonesia.

    Sumber: 

    Gani Nur Pramudyo
    Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

    Posting Komentar untuk "5 Aplikasi parafrase online (online paraphrasing tool)"