Kebermanfaatan Audiobook bagi pemustaka

Kebermanfaatan Audiobook Bagi Pemustaka

Di era perkembangan teknologi dan informasi saat ini, telah tersedia banyak konten digital yang dapat didapatkan secara luas melalui media internet. Konten digital tersebut dapat berupa teks (e-book, e-journal), audio (misal audiobook, lagu) dan video (misal film, video dokumenter). Meskipun demikian konten digital tersebut belum tentu dapat menarik minat pemustaka untuk membaca sehingga konten digital tersebut tidak mampu meningkatkan literasi masyarakat.

Perlu adanya upaya untuk meningkatkan literasi masyarakat misalnya melalui pemanfaatan audiobook. Audiobook yang lebih menarik dan memberikan manfaat yang lebih bagi pemustaka tentu disukai.

Menurut Serafini (2004) dalam Jeff (2012) banyak penelitian memvalidasi pentingnya membaca dengan suara keras kepada pemustaka, berdasarkan tindakan membaca dengan suara keras dapat memajukan konsep dan kosakata baru, menyediakan model pasih, dan memungkinkan pemustaka mengakses ke literatur mereka yang tidak mampu membaca secara mandiri. Ia menambahkan bahwa audiobook adalah komponen penting dari program membaca yang komprehensif. 

Beers (1998) mengatakan bahwa audiobook bila digunakan dengan segan, berjuang, atau bahasa kedua pelajar, berfungsi sebagai tangga-tangga yang memungkinkan pemustaka untuk membaca melampaui tingkat membaca mereka. Penggunaan audiobook adalah perluasan alami dari strategi dibantu-bacaan digunakan untuk kesulitan siswa. 

Audiobooks mengekspos kesulitan pembaca untuk sesuatu yang mereka tidak pernah mengalami sebelumnya dengan memungkinkan mereka untuk mengalami apa yang pembaca fasih miliki setiap kali mereka membaca buku (Harris 2008). 

Pemanfaatan audiobook bagi pemustaka di lingkungan perpustakaan perlu dijalankan untuk meningkatkan literasi masyarakat. 

Definisi Audiobook

Audiobook atau buku suara merupakan salah satu koleksi perpustakaan berbentuk audio yang dipedengarkan untuk pemustaka. Merujuk Online Dictionary for Library and Information Science (Odlis) :

Audiobook is a book read aloud and recorded on audiotape or compact disc (CD), usually by a professional actor or reader or by the author. Originally, books were produced on tape for the visually impaired, but the market for audibles has expanded to include joggers and walkers who like to listen as they exercise, individuals who must spend long hours traveling, persons who are illiterate or dyslexic, and others who would rather listen than read. Synonymous with book-on-tape, recorded book, and talking book.

Audiobook adalah sebuah buku  dibacakan dan dicatat pada rekaman atau compact disc (CD), biasanya dengan aktor profesional atau pembaca atau penulis. Awalnya, buku diproduksi pada tape untuk tunanetra, tetapi pasar untuk audibles telah diperluas untuk mencakup pelari dan pejalan kaki yang suka mendengarkan ketika mereka berolahraga, orang yang harus menghabiskan berjam-jam perjalanan, orang yang buta huruf atau disleksia, dan lain-lain yang lebih suka mendengarkan daripada membaca. Identik dengan book-on-tape, recorded book (rekaman buku), dan talking book(buku berbicara). "

Audiobook bukanlah sebuah produk baru, hanya istilah dari audiobook itu sendiri yang baru akhir-akhir ini terdengar. Dahulu ketika televisi belum sebanyak sekarang jumlahnya, radio menjadi alternatif masyarakat  umum. Sandiwara radio menjadi puncak kejayaan program  siaran hampir di setiap radio. 

Ketika masih anak-anak dulu, orang tua kita juga sering membeli kaset dari  Sanggar Cerita yang berisi tentang sandiwara dongeng rakyat Indonesia asli ataupun cerita fiksi lainnya. Sebenarnya sandiwara radio dan rekaman dari Sanggar Cerita adalah contoh audiobook (Handayani, 2016).

Jenis Audiobook 

Unabridged audiobook 

Unabridged audiobook adalah audiobook dengan pembacaan kata per kata yang bersumber dari sebuah buku cetak. 

Abridged audiobook

Abridged audiobook adalah kata-kata yang tidak sesuai dengan buku cetaknya, tetapi tidak mengurangi makna kalimat. Biasanya pembuat audiobook memilih abridged audiobook untuk penghematan biaya.  

Manfaat Audiobook 

Dalam penggunaannya audiobook memiliki banyak manfaat bagi pemustaka, diantaraya : 

  • Mengenalkan kosatakata baru bagi pemustaka, sehingga dapat menambah kosatakata baru baik yang dipedengarkan bahasa indonesia maupun bahasa lainnya. 
  • Membantu memperbaiki kemampuan mendengarkan pemustaka, sehingga pemustaka lebih dapat menangkap isi dari audiobook tersebut. 
  • Membantu pengguna dengan kemampuan membaca rendah yang merasa kurang mampu, sehingga pembaca diharapkan setelah mendengarkan audiobook dapat meningkatkan kemampuan membacanya.
  • Mengenalkan pengguna untuk mengetahui level/tingkatan membaca bukunya. Sehingga pemustaka tau dimana arah dan kemampuan membaca.
  • Model yang bagus untuk membaca dengan suara keras, sehingga pemustaka diharapkan dapat memahami isi atau konten yang ada di audio book tersebut.
  • Model yang bagus interpretasi atau pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap buku yang didengarkan
  • Membantu memberikan motivasi / dorongan semangat untuk yang enggan membaca maupun yang sulit untuk membaca. Pemustaka akan terdorong untuk menikmati audiobook tersebut. 
  • Mengajarkan mendengarkan kritis terhadap buku yang didengarkan. Sehingga pemustaka diharapkan memiliki sikap kritis terhadap buku tersebut.
  • Bersifat menghibur, contohnya adalah humor dalam audiobook yang dapat menjadi fungsi refreshing bagi pemustaka.
  • Mengenalkan genre baru buku bagi pemustaka sebagai pertimbangan untuk didengarkan
  • Menyediakan penguhubung topik penting dari diskusi untuk keluarga yang dapat mendengarkan secara bersama-sama sambil berangkat ke acara olahraga, pelajaran musik, atau liburan
  • Menangkap kembali "esensi dan kenikmatan mendengar cerita indah yang diceritakan oleh pendongeng yang sangat berbakat"

Audioboook bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca, dan berfungsi sebagai media hiburan dengan adanya konten bermuatan humor. 

Contoh Audiobook

Berikut ini situs web yang dapat pemustaka kunjungi untuk memperoleh audiobook secara gratis : 

Listeno

Listeno menyediakan buku suara baru yang siap dinikmati dan tersedia secara gratis dengan berbagai judul, kategori, dan narator. Kebanyakan buku suara Listeno berupa novel, sastra, dan kumpulan cerita.

Userinteface situs Listeno

Penggunaan Listeno cukup mudah, pemustaka tinggal mengakses tautan http://listeno.com/ atau menggunduh aplikasi di playstore. Pencarian dapat dilakukan dengan memilih menu cari buku, pilih sesuai kebutuhan.

hasil pencarian listeno

Digitalbook.io

Digitalbook.io (awalnya librophile) merupakan situs web yang menyediakan koleksi buku suara seperti buku suara fiksi, dongeng dan cerita rakyat yang dapat didengarkan dan diunduh secara gratis.  Digitalbook.io menyediakan buku suara bahasa indonesia, meskipun untuk koleksinya hampir semua menggunakan bahasa inggris. Selain menyediakan buku suara, Digitalbook.io menyediakan podcast dan ebook yang dapat diakses secara gratis.

Digitalbook.io akses podcast, audiobook, dan ebook

Digitalbook.io dapat diakses melalui tautan https://www.digitalbook.io/. Untuk penggunaannya, pemustaka tinggal mencari judul audiobook yang dinginkan klik cari. Pilih buku suara yang berlabel
"free audio book" untuk penggunaan bebas biaya. Setelah dipilih, dengarkan secara langsung maupun unduh secara langsung.

penggunaan Digitalbook.io

Loyalbook

Loyal Books merupakan situs web penyedia koleksi audibook dan ebook untuk masyarakat umum berupa cerita pendek,  fiksi, misteri, fantasi, anak – anak dan genre lainnya. 

Userinterface Loyal Books

loyalbook dapat diakses melalui tautan http://www.loyalbooks.com/Penggunaan loyalbook, pemustaka dapat mencari koleksi audiobook yang dibutuhkan dikotak pencarian dan klik play untuk mendengarkan secara langsung dan unduh untuk mengunduh koleksi audiobook tersebut.  

Penggunaan Loyal Books

Kesimpulan 

Audibook merupakan koleksi berbentuk buku suara yang didengarkan oleh pemustaka, pemustaka cukup mendengarkan buku yang ingin dengarkan. Audiobook dapat di akses melalui komputer, smartphone, MP3 Player, iPods, iPads, iPhone dan android tablet. Penggunaan audiobook dapat memberikan manfaat secara nyata bagi pemustaka seperti meningkatnya kosakata, meningkatkan tingkatan membaca, mendengarkan secara kritis, dan sebagai fungsi hiburan yang menarik.

Penggunaan audiobook menjadi alternatif untuk meningkatkan literasi informasi masyarakat yaitu agar pemustaka melek informasi. Perpustakaan sebagai wadah untuk mewujudkan terciptanya literasi informasi sudah seharusnya menyediakan koleksi Audiobook untuk dinikmati oleh pemustakanya. 

Daftar Pustaka

Dickerson, Tabitha .2013 . “Benefits of Audiobooks.” dalam  https://prezi.com/am54qp4j6tov/benefits-of-audiobooks/ diakses pada 15 Maret 2017 pada pukul 04.00 WIB

Handayani, Maya Rini.2016. “Audiobook Sebagai Alat Bantu Memperlancar Komunikasi Dalam Penyebaran Dakwah Islam Penyandang Tunanetra” dalam http://journal.walisongo.ac.id/index.php/icj/article/download/1243/966 diakses pada 14 Maret 2017 pada pukul 09.00 WIB

Johnson, Denise. 2010. “Benefits of Audiobooks for All Readers.” dalam http://www.readingrockets.org/article/benefits-audiobooks-all-readers diakses pada 15 Maret 2017 pada pukul 06.00 WIB

Rusman, Indra. 2015. “7 Website Rekomendasi untuk download audiobooks bahasa Inggris gratis.” Dalam http://www.indravedia.com/2015/05/website-download-audiobooks-gratis.html diakses pada 15 Maret 2017 pada pukul 05.00 WIB

Whittingham, Jeff Huffman, Stephanie., Christensen, Rob. Dan McAllister , Tracy.2012. “Use of Audiobooks in a School Library and Positive Effects of Struggling Readers’ Participation in a Library-Sponsored Audiobook Club” dalam http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1012831.pdf diakses pada 14 Maret 2017 pada pukul 11.00 WIB

Catatan

Makalah ini merupakan tugas salah mata kuliah Penerbitan Grafis dan Elektronik, yang dibuat pada tahun 2017.
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.

Post a Comment for "Kebermanfaatan Audiobook bagi pemustaka "