Memanfaatkan perpustakaan digital untuk mendukung pembelajaran siswa

Studi Klub Sejarah Universitas Indonesia (SKS UI) melaksanakan program pengabdian masyarakat bertajuk "Asistensi sekolah" pada 28 Agustus 2021. Program ini dijalankan salah satunya dengan bentuk pendampingan sekolah.

Pendampingan sekolah mengundang saya "Gani Nur Pramudyo" sebagai narasumber webinar perpustakaan online. Webinar dilakukan secara terbatas untuk siswa-siswa SMA Muhammadiyah 1 Demak.

Total ada kurang lebih 30an lebih peserta, terdiri dari siswa kelas 10 dan kelas 11. Acara dijalankan secara hibrid. Secara offline bertempat di sekolah dengan mematuhi protokol kesehatan, dan online melalui zoom meeting untuk penyampain materi oleh narasumber. 

Acara dibuka dengan doa, dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia. MC acara ini yaitu Bang Fahri dan dipandu oleh moderator Mba Lidya. Acara inti atau penyampain materi oleh kak Gani, dilanjutkan tanya jawab dan diakhiri penutup.

Webinar perpustakaan online

Pembahasan 

Narasumber menyampaikan materi berjudul "Memanfaatkan perpustakaan digital untuk mendukung pembelajaran siswa". Materi mengenalkan perpustakaan digital, perkembangannya, macam-macam e-resources, cara akses hingga mengelola sumber informasi.

Terdapat sumber informasi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh siswa melalui perpustakaan digital. Disini (perpustakaan digital) memiliki beragam koleksi dan format (teks, video, audio, dan gambar). Peserta dapat memilih beragam perpustakaan digital seperti e-resources perpusnas, ipusnas, rumah belajar, perpustakaan dikbud, dll untuk bisa mendukung pembelajaran. 

Antusias dimiliki para peserta, mereka mengajukan beragam pertanyaan seputar perpustakaan digital. 

  1. Contohnya mengapa perpustakaan digital perlu ada?
  2.  Gimana cara membuat perpustakaan digital? 
  3. Siapa yang pertama kali membuat perpustakaan digital?

Perkembangan perpustakaan digital

Kesuksesan acara tidak terlepas dari peran panitia SKS UI dan beberapa pihak yang terlibat. Webinar diharapkan bermanfaat bagi peserta, dan panitia pada umumnya. 

Kesan pesan saya selama menjadi narasumber, yaitu :"Ini adalah kali pertama saya mengisi webinar untuk siswa SMA, mereka antusias mengikuti acara tentang perpustakaan online. Terlepas bahwa mereka dikumpulkan dalam satu ruangan, dengan satu proyektor. Mereka memiliki semangat untuk belajar". 

Akhirnya penulis berharap, materi yang diberikan bisa bermanfaat untuk meningkatkan literasi peserta, panitia dan pembaca di semesta Nusantara. 

Materi Webinar Perpustakaan Online

Beberapa rekaman kegiatan yang berlangsung dibagikan di bawah ini. Materi webinar dapat diunduh secara gratis melalui tautan ini

Tanya jawab

Jika kamu memiliki pertanyaan, saran dan kritik silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ini. Sebisa mungkin pertanyaan akan saya jawab dan akan saya terbitkan di komentar.


Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.

Post a Comment for "Memanfaatkan perpustakaan digital untuk mendukung pembelajaran siswa"