Tawk.to - Aplikasi live chat gratis untuk website

Review Tawk.to - aplikasi live chat gratis

Robert D'Assisi dan Shankar Karuppiah merupakan founder dari tawk.to. Mereka mengembangkan tawk.to pada tahun 2010, bermarkas pada Las Vegas, Nevada, United States. 

Tawk.to merupakan aplikasi pesan gratis (free messaging application) memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengobrol dengan pengunjung website. Dilansir dari www.tawk.to, saat ini tawk.to memiliki lebih dari 4 juta pengguna. 

Keunggulan Tawk.to

Tawk.to memiliki beberapa fitur unggulan, sebagai berikut:

  • Mudah diinstal dengan menambahkan JavaScript ke website
  • Multi agen – menambahkan beberapa orang untuk membalas chat
  • Pelacakan pesan - dari waktu ke waktu, meninjau riwayat obrolan, dan memeriksa kinerja dalam analitik.
  • Pemantauan pengunjung website secara real time
  • Melihat perilaku pengguna website, dengan melihat halaman mana yang dikunjungi, seberapa sering mereka berkunjung
  • Mendukung 45+ bahasa
  • Mendukung aplikasi untuk Android dan iOS

Manfaat Tawk.to

Memanfaatkan tawk.to, saya dapat berinteraksi secara langsung dengan pengunjung blog ini melalui live chat. Total telah ada 137 pesan yang saya arsipkan di tawk.to. Mereka kebanyakan bertanya terkait apa yang tidak dimengerti dan sekedar mengecek fitur berfungsi. 

Hal yang paling bermanfaat dari tawk.to yaitu, arsip pesan terorganisir sehingga pesan tidak mudah terhapus, digunakan diaplikasi di android, dan terlihat profesional. 

Live chat Tawk.to dapat dimanfaatkan untuk website berbagai lembaga termasuk perpustakaan. Tawk.to salah satunya digunakan oleh Perpustakaan Universitas Negeri Malang untuk menerima pertanyaan dari pemustaka terkait layanan perpustakaan.

tawk.to Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Instalasi Tawk.to

Tawk.to dapat dipasang di website apapun seperti blogger dan wordpress. Mendaftar tawk.to dapat dilakukan secara gratis melalui tautan https://dashboard.tawk.to/signup

Setup tawk.to dilakukan dengan memilih menu administrasi (setting) pada pojok kiri bawah. Berikut beberapa setup yang perlu diatur oleh pengguna tawk.to seperti

Widget Appearance

Digunakan untuk mengubah desain live chat mulai dari warna, baground, icon, upload foto baground.

Widget Appearance tawk.to

Konten Widget

Digunakan untuk mengubah teks pesan atau isi dari dialog box tawk.to, seperti nama, email, isi pesan atau teks lainnya. 

Konten Widget tawk.to

Kode widget

Berisi kode widget ke HTML Live Chat untuk dipasang ke website

Kode widget tawk.to

Memasang Tawk.to

Pemasangan dilakukan dengan menyalin kode widget html ke blogger melalui tata letak, tambahkan widget HTML java script. Penggunaan wordpress dapat memasang plugin tawk.to, lalu ditambahkan ke widget.

Rekomendasi

Penulis merekomendasikan penggunaan tawk.to untuk keperluan live chat website yang dapat digunakan secara gratis. Tawk.to dapat digunakan oleh perpustakaan untuk mendukung kebutuhan layanan mereka. 

Tawk.to merupakan salah satu aplikasi live chat, terdapat banyak aplikasi lainnya yang dapat dimanfaatkan seperti Zopim, Comm100, WGChat, Live Person, Provide Support yang tidak dibahas dalam artikel ini. 

Pemilihan aplikasi live chat harus disesuaikan dengan kebutuhan, lisensi, dukungan teknis, dokumentasi dan fitur aplikasi.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.