Biaya hidup mahasiswa #2: Pengayaan Bahasa di UNS

Melihat biaya hidup mahasiswa di solo

Biaya hidup mahasiswa - Jika kamu sedang merencanakan untuk kuliah di Solo atau Universitas Sebelas Maret (UNS), maka artikel ini dapat digunakan sebagai panduan untuk memperkirakan kebutuhan hidupmu selama menempuh studi. 

Artikel ini disarikan berdasarkan pengumpulan bahan bacaan disertai pengalaman saya selama tinggal di Solo. Saya menjalankan pengayaan bahasa di Pusat bahasa UNS untuk meningkatkan kapasitas bahasa Inggris saya utamanya TOEFL. 

Baca juga: Pengalaman saya belajar Toefl di Pusat Bahasa UNS 

Selama tinggal di Solo, tentu banyak hal yang harus direncanakan termasuk tempat tinggal, makanan, dan akses ke tempat belajar. 

3 hal ini  menjadi kebutuhan pokok mahasiswa selama menempuh studi, sebagai berikut:  

Tempat tinggal

Memilih tempat tinggal (kosan), kamu bisa sesuaikan dengan budget yang dianggarkan. Beragam variasi mulai dari 300.000 - 450.000 per bulan untuk kosan cowok. Dengan biaya ini, kamu akan mendapatkan fasilitas layak, seperti kosan dengan isian lengkap termasuk dipan, kasur+sarung bantal, meja belajar, kursi, dan almari, dan wifi gratis.

Dengan kosan seharga 300ribuan, Kamu mendapatkan fasilitas di atas di lantai 2. Apabila memilih lantai 1 lebih mahal selisih 150ribuan. Kamar mandiri terpisah dari kamar, ukuran kamar kosan sekitar 3x3m. 

Lokasi kosan cukup dekat dengan tempat ibadah. Selain itu, akses ke kampus tidak terlalu jauh atau sekitar 10 menit jalan kaki. Di dalam kampus, kamu bisa ikut numpan Bus KampusUNS yang lewat sekitar kurang dari pukul 07.00 WIB memutari UNS. Kamu bisa juga pakai Ojek Online lewat aplikasi. 

Makan

Banyak tempat makan dipinggir kosan dan lumayan murah. Apabila ke toserba, kamu tetap butuh kendaraan karena lumayan jauh apabila ditempuh dengan jalan kaki. 

Membeli soto daging, kamu bisa beli dengan harga 5.000 sangat murah dan selalu ramai mahasiswa. Lokasi sotonya terdapat di depan gerbang kampus UNS yang depan. Di dalam kampus, banyak kantin yang kamu pilih, yang paling populer yaitu kantin Mbok Jum. Mbok Jum menyediakan beragam pilihan menu termasuk nasi pecel, soto, sayur, dan aneka gorengan dengan harga mahasiswa. 

Saat ramadhan, banyak toko makanan yang buka saat sahur. Terdapat banyak pilihan tempat makan. Selain itu, ada juga warung yang buka 24 jam, sehingga kamu bisa tenang saat menjalankan puasa sunnah. 

Apabila berhemat terkait makan, kamu bisa memasak nasi dan lauk. Apabila kamu pakai magicom, biasanya tambah 25-50ribu untuk biaya listrik. Kamu bisa beli sayur di warung atau sekalian lauknya. Jangan lupa membeli air aqua galon yang asli ya, harganya berkisar 15ribuan . 

Terkait aktivitas sehari-hari, seperti mencuci kamu bisa lakukan secara mandiri termasuk setrika. Selain itu, kamu bisa juga laundry. Terkadang di kosan tersedia fasilitas mesin cuci atau pengering yang bisa digunakan. Bahkan terkadang, ibu kos menyediakan jasa laundry ini. 

Akses bacaan

Akses bacaan atau buku-buku yang kamu butuhkan saat belajar, kamu bisa kunjungi pusat toko buku. Tersedia banyak pilihan, kamu bisa buku beli buku baru di toko, ataupun buku layak pakai di pasar buku. Selain itu, kamu bisa kunjungi juga Perpustakaan Pusat UNS. Kamu hanya tinggal mendaftar biaya registrasi, dan kamu bisa baca disana. 

Memanfaatkan wifi kampus, kamu bisa pakai secara gratis dilingkungan UNS. Selain itu, kamu juga bisa cari tempat yang adem. 

Hiburan

Yang tak kalah penting biaya hiburan perlu kamu catat! Terdapat mall, pasar, tempat wisata dan beberapa tempat makanan khas yang wajib dikunjungi. Makanan khas solo yang wajib dicoba yaitu Lotek. Lotek mirip gado-gado khas solo. 

Wisatanya tidak banyak, sebagian kamu bisa pergi ke Magetan, Yogyakarta, dan beberapa tempat warisan budaya untuk menghilangkan penat selama menjalani studi. 

Biaya hidup mahasiswa di tempat lain

Biaya hidup mahasiswa #1: Kuliah di Universitas Brawijaya

Biaya hidup mahasiswa #2: Penganyaan Bahasa di Universitas Sebelas Maret

Biaya hidup mahasiswa #3: Kuliah di Universitas Indonesia

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.