Pemanfaatan Scribd untuk pencarian dan publikasi naskah

Pemanfaatan Scribd untuk pencarian dan publikasi naskah

Pemanfaatan Scribd - Trip Adler adalah CEO dan pendiri Scribd.  Scribd sebuah situs media sosial untuk menerbitkan naskah (paper) akademik. Adler lulusan Harvard University, jurusan biofisika. Bersama dengan Jared Friedman, ia dirikan Scribd. Awal mula kelahiran Scribd, adalah ketika ayahnya mengalami kesulitan menerbitkan paper medis, lantas Adler mendirikan Scribd. 

Scribd dikenal dengan Youtube-nya dokumen, memiliki segudang dokumen berbagai format dan jenis.  Pengguna dapat membaca, mengunduh dan mengunggah konten di Scribd, serta melakukan embed dokumen ke blog, serupa embed video Youtube ke blog (Nigrum, 2014).

Sejarah Scribd

Awal mula perjalanan Scribd hingga sekarang, sebagai berikut:

  • Tahun 2007, mereka meluncurkan platform penerbitan terbuka untuk pengguna
  • Tahun 2013, mereka memperkenalkan layanan berlangganan membaca
  • Tahun 2014, mereka menggabungkan layanan berlangganan membaca dan audiobook
  • Tahun 2015, mereka menyediakan lembaran musik untuk dapat dilanggan pengguna
  • Tahun 2016, mereka menambahkan majalah dari penerbit terkemuka ke langganannya.
  • Tahun 2017, mereka memanen The New York Times, The Wall Street Journal, dan The Financial Times
  • Tahun 2019, mereka memiliki 1.000.000 customer, dan meluncurkan penerbitan mandiri, serta konten originalnya.

Scribd dapat diakses melalui tautan ID Scribd, berikut ini tampilan laman utama. Terdapat kotak pencarian, pengaturan bahasa, unggah dokumen, dan baca gratis untuk pengguna baru. Pada menu navigasi berisi tab buku, buku audio, dsb yang dapat kamu manfaatkan. 

Beranda scribd

Konten Scribd

Sribd adalah perpustakaan digital yang berisi berbagai dokumen. Dokumen dapat berupa ebook, audiobook, majalah, kertas musik, jurnal, dan artikel dari beragam penerbit, dsb (Zaska, 2020; Scribd, 2021). Selain itu,Scribd juga berisi komik, majalah, presentasi, resep, dan dokumen sumber lainnya (Melinda, 2021). 

Segala format dokumen dapat diunggah di Scribd termasuk .pdf, .docx, .xls, .ppt, .txt, .rtf dsb. Rata-rata Scribd menghasilkan 50.00 dokumen/hari yang diunggah oleh pengguna. Mereka memiliki 50 juta pengguna lebih (Wikipedia, 2021). 

Contoh kategori buku di Scribd yang dapat kamu gunakan sebagai filter pencarian seperti Fiksi Kontemporer, Fiksi Sastra, Agama & Spiritualitas, Perbaikan Diri, Pengembangan Diri, Rumah & Taman, Pertamanan dsb.

Pemanfaatan Scribd

Konten yang ada di Scribd dapat digunakan sebagai sumber rujukan untuk tugas, pekerjaan dan membaca untuk memperluas wawasan (Kumparan.com, 2021). Kamu bisa cari sumber referensi sesuai kebutuhanmu di Scribd. 

Hal yang paling bermanfaat, Scribd dapat digunakan untuk membagikan dan memperluas jangkaun tulisanmu agar dibaca masyarakat luas.

Pemanfaatan Scribd, dijelaskan sebagai berikut: 

1. Download dokumen di Scribd

Mengunduh konten scribd dapat dilakukan dengan mudah, caranya sebagai berikut: 

Download dokumen scrib dengan langganan

Mengakses konten scribd, pengguna harus mematuhi persyaratan tertentu, seperti apabila unduh harus upload file, dan berlangganan. Fitur langganan scribd sebesar 70.000/bulan dapat dilakuan dengan paypal, google pay dan kartu kredit (Zaska, 2020). 

Memanfaatkan fitur langganan, pengguna dapat mengakses secara keseluruhan konten tanpa upload file,tersedia beragam bahasa termasuk Indonesia. 

Download dokumen scribd dengan login 

Kamu dapat mengakses situs malalui tautan ID Scribd. Silakan mendaftarkan akun dengan memilih metode login facebook, gmail atau isi formulir.

Pengguna yang hendak unduh konten, diwajibkan untuk  upload file. Setiap kamu upload 1 file, kamu akan berkesempatan unduh 1 file premium. Kamu bisa upload file tugas, atau karya lainnya untuk mengganti hasil unduh mu nantinya. 

Download scribd tanpa login

Jika unduh file lewat pintu depan dengan login atau berlangganan, maka kamu juga bisa lewat pintu belakang. Caranya kamu bisa manfaatkan situs aplikasi pihak ketiga, tentu cara ini tidak disarankan karena dianggap abu-abu. Kamu tinggal copy paste alamat Scribd dokumen berada (contoh: https://www.scribd.com/doc/000000000/document-name), masukan di scribd downloader. 

Berikut situs scribd downloader terbaru yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh scribd di laptop atau smartphone:

Dlscrib

dlscrib adalah situs downloaeder dokumen (pengunduh dokumen otomatis) yang dapat digunakan mengunduh dokumen di Scribd tanpa login. 

Caranya, kamu bisa masukan link situs dokumen scribd di kotak tersedia > klik generate download link untuk mengunduh.

dlScrib

Docdownloader 

Selain dlscrib, docdownloader memungkinkan pengguna untuk mengunduh dokumen secara otomatis. 

Caranya, salin url dokumen scribd, dan tempel pada kotak tersedia > klik Get Link untuk download.

docdownloader - situs downloader scribd

Scribddownloader

Serupa dlscrib dan docdownloader, scribddownloader dapat dipakai untuk unduh dokumen cepat tanpa mendaftar akun. Caranya, silakan copy dan paste link scribd dokumen berada di kotak link > klik donwload

Scribd situs downloaeder dokumen di scribd

Beberapa situs downloader di atas sudah saya uji coba pada 12 Oktober 2021, dan masih berfungsi dengan baik. Kamu juga bisa cari situs downloader dokumen lainnya di Google dengan kata kunci "Document Downloader atau Scribd downloader".

2. Unggah dokumen di Scribd 

Unggah dokumen scribd tidak berbayar,  pengguna dapat mempublikasikan naskahnya sehingga dapat dijangkau secara luas. Selain itu, scribd juga dapat digunakan sebagai backup data, terdapat fitur private.  

Pastikan kamu telah mendaftar Scribd, klik menu unggah dokumen > Pilih Dokumen Yang Akan Di Unggah atau seret & letakkan. Jenis file yang didukung: pdf, txt, doc, ppt, xls, docx, dan lainnya.Lengkapi judul dan deskripsi file yang diunggah, lalu klik unggah. 

Adapun manfaat unggah dokumen di Scribd yaitu: 

  • Menjangkau lebih dari 90 juta pembaca 
  • Unggah secara cepat
  • Dokumen terindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya 
  • Dapat disematkan (embeded) di blog

3. Publikasi Ebook di Scribd

Saya melihat peluang bahwa Scribd dapat digunakan sebagai media publikasi ebook gratis serupa dengan self publishing. Scribd memakai lisensi creative commons, artinya dokumen yang dishare menganut lisensi sesuai persyaratan scribd dapat dibagi pakaikan atau terbatas. 

Selain ebook dipublikasin di blog sendiri, kamu juga dapat publikasikan di scribd. Berikut contoh publikasi ebook saya di Scribd. 

Publikasi gratis melalui ebook Scribd

4. Embeded dokumen Scribd di Blog

Embeded memungkinkan pengguna memasang iframe dokumen di blog. Pembaca dapat langsung melihat dokumen tanpa berkunjung ke Scribd. 

Caranya, unggah dokumen terlebih dahulu. Setelah dokumen berhasil di unggah, Klik Embed.

Embeded dokumen Scribd di Blog

Muncul dialog box, Copy embeded html, lalu paste ke postingan blog. Secara otomatis iframe akan tampil di blog. 

Embeded dokumen Scribd di Blog

Lihat contoh hasil embeded scribd dokumen. 

Rekomendasi

Scribd sebagai salah satu alternatif untuk mencari dokumen dan mempublikasin naskah. Scribd tidak hanya berisi ebook, tetapi juga jurnal, presentasi, majalah, audiobook dan terbitan lainnya. Pembaca dapat memanfaatkan segala macam fitur yang ditawarka oleh Scribd secara tepat. 

Selain Scribd, terdapat Academia.edu dan Researchgate yang fokus penyebaran konten akademik (jurnal), Slideshare yang fokus penyeberan slide presentasi.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.