+14 Jurusan Ilmu Perpustakaan Luar Negeri

+14 Jurusan Ilmu Perpustakaan Luar Negeri

Terdapat banyak Universitas Top Dunia, namun tidak semua menyediakan program studi ilmu perpustakaan dan informasi, baik program Magister dan Doktor. Beberapa kampus  luar negeri membuka program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi atau bidang yang terkait, sebagai berikut:

1. Monash University (Australia)

Monash University (Australia) berada pada ranking 59 dunia berdasarkan QS Global Ranking. Mereka memiliki 2 program yaitu Library and Information Science, dan Archives and recordkeeping. 

Library and Information Science. Pustakawan dan spesialis informasi mengelola informasi dan memberikan layanan informasi kepada pengguna dalam berbagai konteks. Pustakawan dan spesialis informasi fokus dengan menganalisis kebutuhan informasi, menyelesaikan masalah informasi, mengevaluasi sumber informasi, mengatur informasi, mensintesis informasi menjadi produk informasi yang ditargetkan, dan melatih pengguna dalam penggunaan produk informasi, layanan dan sistem. ustakawan dan spesialis informasi bekerja untuk organisasi sektor komersial, pemerintah dan masyarakat, untuk konsultasi informasi dan sebagai perantara informasi independen.

Archives and recordkeepingManajer arsip dan arsiparis memastikan bahwa aktivitas vital organisasi dan sosial rekod telah dibuat, dikelola, dan dibuat tersedia untuk bisnis demi akuntabilitas, memori perusahaan, pengetahuan perusahaan, dan tujuan budaya. Pengaturan kerja meliputi sebagian besar organisasi sektor swasta dan publik, dan lembaga kearsipan. Manajer pengetahuan peduli dengan pengembangan strategi dan proses untuk mengelola pengetahuan organisasi dan arus pengetahuan untuk mencapai tujuan organisasi, meningkatkan kinerja dan menambah nilai. Perhatian khusus adalah mengembangkan lingkungan yang kondusif untuk penciptaan, berbagi dan penerapan pengetahuan organisasi, dan sistem yang mendukung proses ini.

2. National Taiwan University

National Taiwan University berada pada Ranking 72 dunia berdasarkan QS Global Ranking. Mereka membuka Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi menawarkan program di tingkat Sarjana, Master, dan doktoral. Adapun gelar magister yang diperoleh yaitu M.A. 

3. University of Tsukuba

University of Tsukuba menempati Ranking 260 dunia berdasarkan QS Global Ranking. Mereka memiliki Graduate School of Library, Information and Media Studies yang berada di bawah Fakultas Media, Informasi dan Perpustakaan Universitas Tsukuba menyediakan program magister dan doktoral. Program studi internasional ini dirancang untuk mahasiswa yang mengejar karir profesional informasi dalam konteks global. 

Sekolah Pascasarjana Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Media di Universitas Tsukuba adalah institusi pertama dan satu-satunya di Jepang yang menawarkan gelar master kelas reguler, dua tahun sebagai program Magister kelas internasional dan gelar doktoral tiga tahun sebagai program doktoral kelas internasional di Perpustakaan dan Ilmu Informasi.

4. RMIT University

RMIT University  berada pada Ranking 238 dunia berdasarkan QS Global Ranking. Mereka memiliki program Master of Information Management. Lulusan diharapkan akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan praktis yang diperlukan untuk bekerja sebagai pustakawan, manajer arsip atau rekod, belajar di kampus atau online melalui program yang diselenggarakan secara global. Pada tahun 2019, RMIT berada di peringkat 1 di Australia dan ke 25 secara global untuk Manajemen Perpustakaan dan Informasi.

5. UiTM Malaysia

Universitas Teknologi MARA ( UITM ) Shah Alam memiliki program Sarjana, Magister dan Doktoral Ilmu Perpustakaan dan informasi. Jurusan ini berada di bawah fakultas manajemen informasi. Dikutip dari QS Ranking, UITM berada pada urutan 651-70 (world ranking), peringkat 104 (asia) dan peringkat 4 (malaysia).

Program S3 (Doctor of Philosophy (Information Management)) memiliki 4 peminatan, yaitu manajemen informasi, manajemen perpustakaan, manajemen rekod dan manajemen pengetahuan. Selengkapnya: https://fim.uitm.edu.my/index.php/programme/brochure/21-programmes/201-doctor-of-philosophy-information-management-im950

6. University of South Australia

UNISA memiliki program magister Information Management (Library and Information Management) dan program doktoral Doctor of Philosophy in Information Science. Merujuk peringkat QS Ranking, UNISA menempati peringkat 363 di dunia. 

7. Universitas Teknologi Curtin, Australia

Universitas Teknologi Curtin memiliki jurusan master Information Management. Merujuk peringkat QS Ranking, menempati peringkat 193 tingkat dunia. 

8. University of North Texas, Amerika

Universitas ini memiliki program Information Science Ph.D.  Merujuk peringkat QS Ranking, menempati peringkat #1001-1200 tingkat dunia, #351-400 QS WUR Ranking By Subject dan #111-120 US UNI (universities).

9. Loughborough University Inggris

Loughborough University memiliki jurusan MSc Information Management and Business Technology. Merujuk peringkat QS Ranking, menempati peringkat 256 tingkat dunia. 

10. Eötvös Loránd University (ELTE), Hungaria

ELTE memiliki tiga program untuk S1-S3 Institute of Library and Information Science antara lain BA in Library and Information Science, MA in Library and Information Science dan Library science PhD Program. Merujuk peringkat QS Ranking, menempati peringkat #701-750 tingkat dunia .

11. Florida State University

Universitas ini memiliki program phd Information Science. Merujuk peringkat QS Ranking, menempati peringkat #511-520, QS World University Rankings #=323, QS WUR Ranking By Subject #301-500, dan Graduate Employability Ranking #78 US UNI.

Program Magister dan Doktor lainnya

Beberapa kampus luar negeri yang memiliki Program Magister dan Doktor Ilmu Perpustakaan lainnya sebagai berikut: 

  1. Indiana University Bloomington Amerika Serikat - Library & Information Management
  2. Rutgers, The State University of New Jersey, New Brunswick Amerika Serikat - Library & Information Management
  3. Syracuse University Amerika Serikat Library & Information Management
  4. University of Pittsburgh Amerika Serikat - Library & Information Management
  5. Tampere University Finlandia - Library & Information Management
  6. City, University of London Inggris - Library & Information Management
  7. Western University Kanada - Library & Information Management
  8. University of Borås Swedia - Library & Information Management
  9. Wuhan University Tiongkok - Library & Information Management
Data telah diperbarui pada 01 April 2023 pukul 06.32 WIB.
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "+14 Jurusan Ilmu Perpustakaan Luar Negeri"