Jurusan S2 / Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Perguruan Tinggi Luar Negeri

Ranking NTU versi QS Global Ranking 2019
Ranking NTU versi QS Global Ranking 2019

Terdapat banyak universitas Top Dunia, namun tidak semua menyediakan program studi magister ilmu perpustakaan dan informasi. Di perguruan tinggi luar negeri, terdapat beberapa universitas yang membuka program studi Magister ilmu perpustakaan dan informasi namun ada beberapa fokus kajian, perbedaan nama, gelar dan fakultas. 

Berikut Saya bagikan beberapa universitas di luar negeri yang membuka program studi Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi atau bidang yang terkait berdasarkan pengumpulan data dan merujuk Booklet LPDP tentang Daftar Tujuan Program studi Luar Negeri 2021. 

1. Monash University (Australia)

(Ranking dunia berdasarkan QS Global Ranking : 59) 

a. Library and Information Science

Pustakawan dan spesialis informasi mengelola informasi dan memberikan layanan informasi kepada pengguna dalam berbagai konteks. 

Pustakawan dan spesialis informasi fokus dengan menganalisis kebutuhan informasi, menyelesaikan masalah informasi, mengevaluasi sumber informasi, mengatur informasi, mensintesis informasi menjadi produk informasi yang ditargetkan, dan melatih pengguna dalam penggunaan produk informasi, layanan dan sistem. ustakawan dan spesialis informasi bekerja untuk organisasi sektor komersial, pemerintah dan masyarakat, untuk konsultasi informasi dan sebagai perantara informasi independen.

b. Archives and recordkeeping

Manajer arsip dan arsiparis memastikan bahwa aktivitas vital organisasi dan sosial rekod telah dibuat, dikelola, dan dibuat tersedia untuk bisnis demi akuntabilitas, memori perusahaan, pengetahuan perusahaan, dan tujuan budaya. 

Pengaturan kerja meliputi sebagian besar organisasi sektor swasta dan publik, dan lembaga kearsipan. Manajer pengetahuan peduli dengan pengembangan strategi dan proses untuk mengelola pengetahuan organisasi dan arus pengetahuan untuk mencapai tujuan organisasi, meningkatkan kinerja dan menambah nilai. 

Perhatian khusus adalah mengembangkan lingkungan yang kondusif untuk penciptaan, berbagi dan penerapan pengetahuan organisasi, dan sistem yang mendukung proses ini.

2. National Taiwan University

(Ranking dunia berdasarkan QS Global Ranking : 72) 

Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi menawarkan program di tingkat Sarjana, Master, dan doktoral. Adapun gelar magister yang diperoleh yaitu M.A. 

3. University of Tsukuba

(Ranking dunia berdasarkan QS Global Ranking : 260) 

Graduate School of Library, Information and Media Studies berada di bawah Fakultas Media, Informasi dan Perpustakaan Universitas Tsukuba menyediakan program magister dan doktoral. Program studi internasional ini dirancang untuk mahasiswa yang mengejar karir profesional informasi dalam konteks global. 

Sekolah Pascasarjana Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Media di Universitas Tsukuba adalah institusi pertama dan satu-satunya di Jepang yang menawarkan gelar master kelas reguler, dua tahun sebagai program Magister kelas internasional dan gelar doktoral tiga tahun sebagai program doktoral kelas internasional di Perpustakaan dan Ilmu Informasi.

4. RMIT University

(Ranking dunia berdasarkan QS Global Ranking : 238) 

Master of Information Management. Anda akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan praktis yang diperlukan untuk bekerja sebagai pustakawan, manajer arsip atau rekod, belajar di kampus atau online melalui program yang diselenggarakan secara global. Pada tahun 2019, RMIT berada di peringkat 1 di Australia dan ke 25 secara global untuk Manajemen Perpustakaan dan Informasi.

Nah, bagaimana anda tertarik untuk kuliah Ilmu Perpustakaan di luar negeri? silakan cek beberapa universitas di atas. Apabila teman-teman memiliki saran atau memiliki informasi terkait prodi ilmu perpustakaan di universitas luar negeri bisa ditulis di kolom komentar.

Mari berbagi!!!

Referensi :

Monash University.2019. "Library and information science" dalam http://www.monash.edu/pubs/2018handbooks/aos/library-and-information-science/ diakses pada 10 Mei 2019 pukul 21.25 WIB
______.2019. "Archives and recordkeeping" dalam http://www.monash.edu/pubs/2018handbooks/aos/archives-and-recordkeeping/ diakses pada 10 Mei 2019 pukul 21.35 WIB
University of Tsukuba.2019."About Graduate School of Library, Information and Media Studies" dalam http://www.slis.tsukuba.ac.jp/grad/english/Introduction/intro-e/ diakses pada  10 Mei 2019 pukul 21.35 WIB
QS Quacquarelli Symonds Limited. 2019. "QS Top Universities" dalam https://www.topuniversities.com/ diakses pada  10 Mei 2019 pukul 21.35 WIB
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.

4 comments for "Jurusan S2 / Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Perguruan Tinggi Luar Negeri"

  1. Izin bertanya.
    Apakah di S2 ilmu perpustakaan belajar mengenai sistem informasi perbukuan? Jika iya, boleh tau referensi buku yang digunakan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem informasi perbukuan yang dimaksud seperti apa? apakah katalog? atau buku digital?

      Delete
  2. Halo kak. Senang baca blog kakak. Aku juga lagi mempersiapkan diri buat lanjut kuliah dijurusan ilmu perpustakaan. Aku boleh hubungi kakak dimana ya? Untuk menanyakan banyak hal terkait S2 UI jurusan ilmu perpustakaan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng bisa berbagi 😀. Silakan ya, dm ig @gani_igan. Feel free to ask!

      Delete

Jika ada pertanyaan, saran, dan kritik membangun, silahkan tulis pada kolom komentar.
Jangan lupa kenalkan diri dulu, minimal nama dan asal daerah.

Salam Literasi