Beasiswa LPDP 2018 : Sebuah catatan singkat - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Sabtu, 03 November 2018

Beasiswa LPDP 2018 : Sebuah catatan singkat

Kali ini saya akan membagikan catatan singkat terkait Beasiswa LPDP yang diperuntukan untuk melanjutkan jenjang studi Magister/S2 dan Doctoral/S3. Sekilas tentang Beasiswa LPDP atau biasa dikenal pula dengan Beasiswa Pendidikan Indonesia yang dikelola oleh Kemenkeu RI merupakan beasiswa yang diberikan kepada putra/putri Indonesia yang ingin melanjutkan studinya baik magister, doktoral serta beasiswa disertasi. Komponen pendanaan yang diberikan kepada awardee/penerima beasiswa  LPDP meliputi :
  • Pendanaan pendidikan berupa Dana SPP Dana Tunjangan Buku, Dana Bantuan Tesis/Disertasi, dana bantuan seminar internasional, dana bantuan publikasi jurnal internasional, dan dana wisuda yang akan diberikan kepada awardee LPDP
  • Pendanaan pendukung berupa dana transportasi, dana aplikasi visa, dana asuransi kesehatan, dana hidup bulanan, dana kedatangan, dana keadaan darurat, tunjangan keluarga, insetif univeristas yang akan diberikan kepada awardee LPDP.
Komponen pendanaan bagi awardee LPDP di atas, dapat dilihat selengkapnya disini atau disini. Kebijakan pendanaan tersebut mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan LPDP. Selain itu terdapat pula pembiayaan program pengayaan bahasa bagi Awardee Beasiswa LPDP Afirmasi.
image
Selanjutnya untuk mendaftar Beasiswa LPDP terutama untuk melanjutkan Magister/S2 ini, pelamar dapat memilih dua jalur, yaitu : Jalur Reguler dan Jalur Afirmasi. Beasiswa LPDP jalur reguler diperuntukkan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program magister; dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus magister atau magister terapan (S2), atau lulusan sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program doktoral1. Sedangkan jalur Beasiswa LPDP Afirmasi ditunjukkan untuk individu yang berasal dari daerah tertinggal; individu yang berasal dari alumni penerima beasiswa Bidikmisi; individu yang berprestasi dari keluarga miskin/prasejahtera; individu yang berprestasi dalam bidang olahraga, seni/budaya, dan keagamaan tingkat nasional dan internasional; individu penyandang disabilitas; individu yang berprestasi dalam Olimpiade Sains tingkat Nasional atau Internasional; individu yang berprofesi sebagai PNS, TNI, atau POLRI; individu yang merupakan lulusan pondok pesantren;
Pendaftaran Beasiswa LPDP Reguler dan Afirmasi dapat dilakukan pada https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/  dengan membuat akun terlebih dahulu, kemudian login dengan akun yang telah didaftarkan. Adapun panduan pembuatan akun dapat diunduh disini. Adapun beberapa tahapan pendafataran Beasiswa LPDP dibagi menjadi 3 tahap yaitu :
  • Seleksi Administrasi; meliputi tahapan untuk upload berkas-berkas seperti Ijazah S1, Transkrip Nilai, Surat Rekomendasi sesuai format LPDP, Surat Pernyataan sesuai format LPDP (bermaterai), Surat Ijin Belajar sesuai format LPDP (bagi yang sedang bekerja) atau surat izin dari unit yang menangani SDM atau Kepegawaian untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP (khusus pendaftar PNS/TNI/POLRI), KTP, Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan Setempat, Slip Gaji/Surat Keterangan penghasilan orang tua, Pernyataan Kepemilikan Rumah dan Foto Rumah (sesuai format di buku panduan), Rekening Listrik 3 Bulan Terakhir, Surat Keterangan Penerima Bidikmisi dari Universitas / SK Penerima Bidikmisi, Sertifikat Lainnya, Surat keterangan diterima pada Perguruan Tinggi Tujuan / LoA, Sertifikat Bahasa Asing yang diakui LPDP dan masih berlaku, bagi yang sudah tidak berlaku/kadaluarsa tidak diperbolehkan mengunggah/upload, Rencana Studi, Surat Keterangan Berbadan Sehat dan Bebas Narkoba dengan masa berlaku paling lama 6 (enam) bulan sejak penutupan pendaftaran, dan ditambahkan Surat Keterangan Sehat Bebas dari Tuberculosis (TBC) bagi yang ingin studi ke luar negeri yang dinyatakan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik Pemerintah, dan Kartu Keluarga (KK).
  • Seleksi Berbasis Komputer; meliputi tes potensi akademik, tes wawasan kebangsaan dan penulisan esai yang berdurasi 30 menit terkait topik terkini.
  • Seleksi Substansi;  meliputi cek berkas asli saat mendaftar, wawancara dan leaderless grup discusion
Berikut di atas catatan singkat terkait LPDP, selanjutnya akan saya bahas terkait pengalaman mendaftar Beasiswa LPDP, tiap tahap. ditunggu ya…. sekian terimakasih.
Daftar Referensi :
LPDP.2018. “Beasiswa Reguler” dalam https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-reguler/ diakses pada 03 Nopember 2018 pukul 06.40 WIB
LPDP.2018. “Beasiswa Afirmasi” dalam https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa-afirmasi/ diakses pada 03 Nopember 2018 pukul 06.57WIB

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done