[Motivasi] Segera lulus S1 merupakan suatu tujuan dan hal yang tidak bisa dihindari oleh mahasiswa. Benar, kalau kalian saat ini sedang menempuh tugas akhir berpikir untuk segera lulus ? atau baru saja merayakan eforia wisuda? lantas apa yang kamu lakukan setelah itu ? lamar pekerjaan kah ? wirausaha kah ? atau menikah-jangan dulu dong ? 
Penulis akan bagikan beberapa hal yang bisa kamu rencanakan sebelum lulus :
1. Lanjut S2 
Kalau kamu memiliki uang lebih atau keberuntungan yang menghampirimu. Igan sarankan untuk melanjutkan S2. Saat ini telah banyak lulusan S1 yang akan bersaing denganmu ketika nanti melamar di dunia kerja. Oleh sebab itu untuk meningkatkan level dan amunisi yang harus dibawa, maka kamu harus memiliki nilai lebih. Nilai bisa didapatkan ketika kamu melanjutkan S2. 
Lantas bagaimana jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk lanjut studi ? kamu bisa mencari beasiswa S2 dalam negeri maupun luar negeri. Igan saranin kamu daftar beasiswa LPDP yang akan membiayai penuh loh. ga percaya baca pengalaman meraih beasiswa lpdp disini.
Pilihan ada ditangamu ketika kamu lulus S1, kalian bisa berpikir rasional aja, ketika kamu lanjut S2 apa yang kamu dapatkan kalau langsung kerja nanti seperti apa. Kalau ada kesempatan, Igan saranin lanjut S2, Igan sendiri saat ini juga sedang menempuh studi S2 di Universitas Indonesia, seru dong....
Bersama Jokpin via dokumentasi Igan
2. Kerja
Kerja, ini pilihan yang bisa kamu ambil selanjutnya. Ditengah-tengah industri 4.0 ini banyak lowongan-lowongan bagi kamu generasi milineal yang tentu semakin beragam. Oleh karena itu kamu harus pandai memilih lowongan yang sesuai passionmu dan gaji yang sesuai.
Bisa menjadi penulis di media massa digital adalah sebuah pilihan, kamu bisa bekerja di televisi swasta, di perusahaan bonafit, CPNS, BUMN, dll. Sebelum melamar kerja lebih baik kamu persiapkan pengalaman-pengalaman kerja atau organisasi semasa kuliah ya.
3. Pengusaha
Kamu bisa jadi pengusaha milikmu sendiri dong. Misal kamu bisa mulai membuka usaha kuliner,  usaha pakaian, elektronik, komputer dll.  sekarang ini tren memanfaatkan toko online, kamu bisa memulai nya dengan modal minimal, memanfaatkan jaringan media sosial untuk memasarkan produk adalah salah satu kuncinya. 
Jangan malas, telaten adalah kunci. Jangan lupa berusaha, doa, dan keberuntungan
Mungkin itu tips yang bisa igan berikan, semoga bisa bermanfaat. share ya . salam literasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar