Lulus sarjana ilmu perpustakaan mau kemana?

Segera lulus S1 merupakan suatu tujuan dan hal yang tidak bisa dihindari oleh mahasiswa. Kalau kalian saat ini sedang menempuh tugas akhir berpikir untuk segera lulus, atau baru saja merayakan eforia wisuda, lantas apa yang kamu lakukan setelah itu? lamar pekerjaan kah ? wirausaha kah ? atau menikah? Penulis akan bagikan beberapa hal yang bisa kamu rencanakan sebelum lulus :

lulus sarjana mau apa

1. Melanjutkan studi S2

Kalau kamu memiliki uang lebih atau keberuntungan yang menghampirimu. Saya sarankan untuk melanjutkan S2.

Saat ini telah banyak lulusan S1 yang akan bersaing denganmu ketika nanti melamar di dunia kerja. Oleh sebab itu untuk meningkatkan level dan amunisi yang harus dibawa, maka kamu harus memiliki nilai lebih. Nilai bisa didapatkan ketika kamu melanjutkan S2. 

Lantas bagaimana jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk lanjut studi? kamu bisa mencari beasiswa S2 dalam negeri maupun luar negeri. Saya sarankan kamu daftar beasiswa LPDP. 

Baca juga: Pengalaman saya meraih beasiswa lpdp disini.

2. Kerja

Banyak lowongan-lowongan bagi kamu generasi milineal yang tentu semakin beragam. Oleh karena itu kamu harus pandai memilih lowongan yang sesuai passionmu dan gaji yang sesuai.

Bisa menjadi penulis di media massa digital adalah sebuah pilihan, kamu bisa bekerja di televisi swasta, di perusahaan bonafit, CPNS, BUMN, dll. Sebelum melamar kerja lebih baik kamu persiapkan pengalaman-pengalaman kerja atau organisasi semasa kuliah ya.

3. Pengusaha

Kamu bisa jadi pengusaha milikmu sendiri. Misal kamu bisa mulai membuka usaha kuliner,  usaha pakaian, elektronik, komputer dll.  sekarang ini tren memanfaatkan toko online, kamu bisa memulai nya dengan modal minimal, memanfaatkan jaringan media sosial untuk memasarkan produk adalah salah satu kuncinya. 

Jangan malas, telaten adalah kunci. Jangan lupa berusaha, doa, dan keberuntungan
Mungkin itu tips yang bisa igan berikan, semoga bisa bermanfaat. share ya . salam literasi
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Lulus sarjana ilmu perpustakaan mau kemana?"